NIKMATI JALAN HIDUP DENGAN YANG DISUKAI ALLOH

NIKMATI JALAN HIDUP 
DENGAN YANG DISUKAI ALLOH

Najib Mahfoudh, sastrawan Mesir peraih Nobel mengatakan :
Al-khoufu laa yamna'u minal-maut wa laakinnahu yamna'u minal-hayat.
"Rasa takut itu tak mencegah datangnya kematian. Rasa seperti itu hanya mencegah lancarnya kehidupan".
Kalimat indah ini jelas sekali mencoba untuk mengungkapkan kebanyakan rasa yang ada di benak kebanyakan manusia, yakni takut mati.
Ditakuti atau tidak, kematian pasti datang pada waktunya. Mau menjauh dari kematian ternyata malah ketemu dengannya di waktu dan tempat bersembunyi. Ada orang yang lari menjauh dari medan perang karena takut kilauan pedang dan lesatan anak panah, ternyata terjatuh ke dalam lubang yang dihuni oleh ular berbisa. Lalu dia mati dengan terhina.
Takut pada kematian hanya akan membuat manusia menjadi murung, tak bergairah hidup, malas bekerja dan putus asa karena menganggap bahwa semuanya akan segera berakhir. Dan lupa bahwa hidup masih akan terus berlanjut entah sampai kapan. Dia pun lupa bahwa setelah kematian kita, ada kehidupan orang lain yang berkaitan dengan kehidupan kita. Oleh karena itu yang penting adalah bukan takut pada kematian, melainkan takut kepada Alloh dan bersiap-siap untuk kematian.
Teruslah berbuat, bekerja dan beribadah untuk bekal kematian. Nikmati jalan hidup kita masing-masing dengan dan cara yang disukai Alloh. Hapuslah kemurungan dan buanglah kegelisahan.
H. Akbar Mardani
Madrasah TQN PPS Arrafiiyah
Munjul Kayumanis Bogor
Kamis, 22 Pebruari 2018








0 comments:

Post a Comment

close

Popular Posts