modem KOMUNIKASI

modem
KOMUNIKASI
Modem, (dari "modulator / demodulator"),

Modem, (dari "modulator / demodulator"), salah satu kelas perangkat elektronik yang mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. Modem juga menerima sinyal termodulasi dan mendemodulasinya, memulihkan sinyal digital untuk digunakan oleh peralatan data. Modem sehingga memungkinkan pembentukan media telekomunikasi, dukungan berbagai komunikasi data, seperti e-mail antara komputer pribadi, transmisi faksimili antara mesin faks, atau pengunduhan file audio-video dari server Web yang luas di seluruh dunia ke sebuah homepage. komputer.

Kebanyakan modem adalah "voiceband"; yaitu, mereka mengaktifkan peralatan terminal digital, yang dirancang dengan persyaratan bandwidth sempit dari suara manusia. Modem kabel, di sisi lain, mendukung transmisi data melalui saluran serat hibrida hibrida, yang pada awalnya dirancang untuk menyediakan layanan televisi dengan bandwidth tinggi. Kedua modem voiceband dan kabel dipasarkan sebagai modul kelas berukuran berdiri bebas yang dihubungkan ke port dan memiliki komputer pribadi. Selain itu, modem voiceband dipasang sebagai papan langsung ke komputer dan mesin faks. Mereka juga tersedia sebagai unit berukuran kecil yang dihubungkan ke komputer laptop.

Parameter Operasi
Modem beroperasi dalam komunikasi yang berbeda satu sama lain, dan untuk melakukan ini mereka harus mengikuti protokol yang sesuai, atau standar operasi. Standar modem modem voiceband di seluruh dunia ditetapkan oleh Sektor Standardisasi Telekomunikasi dari International Telecommunication Union (ITU). Di antara fungsi lainnya, standar ini menetapkan sinyal dimana modem memulai dan menghentikan komunikasi, membuat skema modulasi dan pengkodean yang kompatibel, dan mencapai kecepatan transmisi yang sama. Modem memiliki kemampuan untuk "jatuh kembali" ke kecepatan rendah agar bisa mengakomodasi modem yang lebih lambat. Standar "Full-duplex" memungkinkan transmisi dan penerimaan simultan, yang diperlukan untuk komunikasi interaktif. Standar "Half-duplex" juga memungkinkan komunikasi dua arah, namun tidak bersamaan; modem semacam itu cukup untuk transmisi faksimili.








0 comments:

Post a Comment

close

Popular Posts