Home » » Kewajiban menyebut sannad thorikoh

Kewajiban menyebut sannad thorikoh


KEWAJIBAN MENYEBUT SANNAD THORIQOT

Ketahuilah bahwa barang yag tidak mengenal ayah dan nenek moyangnya dalam Thoreqat, ia ditolak tidak diakui. Perkataan merupakan suatu keterangan yang tidak diterima, bahkan ia dianggap bukan keturunan ayahnya, sehingga ia termasuk kdalam sabda Rosululloh SAW :

“ Dilaknat oleh Alloh barang siapa yang berketurunan tidak dari ayahnya”

Berkata syekh sya’rani r.a dalam kitab Al-Anwarul Qudsiyah

“ Telah Sepakat Ulama-ulama Thoriqot tentang wajibnya mengambil seorang manusia menjadi syekhnya yang memberi petunjuk kepadanya mengenai usaha menghilangkan segala sifat-sifat yang mencegah dia dekat kepada Tuhannya dengan hatinya agar syah sholatnya. Perkara ini termasuk dalam pokok aturan hukum “ Sesuatu yang tidak sempurna wajib melainkan dengan dia, maka sesuatu itu wajib hukumnya ”. Sesuatu perkara yang tidak ragu-ragu bahwa mengobati penyakit bathin itu wajib hukumnya, sebagaimana yang tersebut keterangnya dalam banyak hadist dan firman Tuhan, diantaranya seperti tersebut di bawah ini “.

Firman Alloh SWT :

“ Orang-orang yang kafir itu dalam hatinya ada penyakit, Alloh menambah-nambah punya penyakit itu lagi, dan bagi mereka disediakan azab yang maha pedih karena kedustaanya”. ( QS:Al-Baqorah : 10 )

Dalam firman yang lain Alloh SWT berfirman :

“ Adapun orang-orang yang dalam hatinya ada penyakit ( Syak Wasangka), maka bertambah kotor diatas kotorannya, serta mereka meninggal dunia dalam kekafirannya “.( QS.At-Taubah : 125 )

Dalam firman yang lain Alloh SWT berfirman :

“ Oleh karena itu hapuslah dosa yang lahir maupun yang bathin “.

Maka ketahuilah olehmu, bahwa tiap-tiap orang yang tidak mempunyai syekh ( Mursyid ) yang hidup pada jamannya,yang memberi petunjuk kepada jalan keluar dari sifat-sifat tersebut maka dianggap ma’siat bagi Alloh dan Rosulnya, karena ia tidak dapat petunjuk mengenai jalan mengobatinya. Meskipun ia mengerjakan segala perkara ibadah yang bersifat taqlief tidaklah bermanfa’at dengan tidak ada guru atau Syekh yg hidup pada jamannya, sebagaimana ia tidak peroleh manfa’at walaupun ia hapal seribu kitab di luar kepala..."miftahushudur"



tour indonesia, indonesia tour, tour and travel indonesia, tour travel indonesia, tour to indonesia,
tours of indonesia, tour in indonesia, travel tour indonesia, tour to indonesia from india,
indonesia tour and travel, indonesia tour places, tour and travel di indonesia, travel indonesia tour,
tour & travel indonesia, best tour indonesia, indonesia tour agency, panorama tour indonesia,
europe tour indonesia,

0 comments:

Post a Comment

close

Popular Posts