Home » , , , » PESONA SEBA BADUY SEBA BADUY LEBAK, MENDONGKRAK WISATAWAN BERKUNJUNG KE KAB LEBAK - BANTEN

PESONA SEBA BADUY SEBA BADUY LEBAK, MENDONGKRAK WISATAWAN BERKUNJUNG KE KAB LEBAK - BANTEN

PESONA SEBA BADUY
SEBA BADUY LEBAK, MENDONGKRAK WISATAWAN BERKUNJUNG KE KAB LEBAK - BANTEN
LEBAK, masyarakat Baduy terletak di wilayah utara Kabupaten Lebak Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Provinsi Banten. Sebuah desa di pedalaman yang masih sangat terjaga kelestarian lingkunganya. Masyarakat adat Baduy secara rutin tiap tahun selalu melakukan perjalanan laku ritual keluar berjalan kaki dari  tempat tinggal mereka menuju pusat pemerintahan Kabupaten Lebak. Acara Pesona Seba Baduy dilaksanakan hari Sabtu, 28-29 April 2017 di Pendopo Kabupaten Lebak dan di Alun-Alun Rangkasbitung Kab.Lebak Banten.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang dinahkodai oleh Arief Yahya, Menpar sangat mendukung kegiatan tersebut karena melibatkan berbagai unsur di masyarakat. Pesona Seba Baduy sangat unik dan menarik yang melibatkan masyarakat adat Baduy yang  sangat  hidmat dalam menjaga dan merawat budaya tradisi secara berkesinambungan. Tradisi adalah sumber inspirasi yang dapat memberi ruh dalam sendi-sendi kegiatan prosesi budaya yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya melalui sentuhan atraksi pariwisata budaya bernuansa religi.
Prosesi budaya sebagai daya tarik atraksi pariwisata yang dapat mendongkrak peningkatan perekonomian masyarakat secara lahir batin. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Kemenpar Esthy Reko Astuti yang didampingi Kepala Bidang Promosi Wisata Budaya Wawan Gunawan (Wawan Ajen) menyampaikan pentingnya upaya mendukung aktifitas budaya masyarakat yang dapat menarik minat kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara.
Esthy menyebut, keindahan alam dan budaya masyarakat Baduy memiliki keunggulan sebagai destinasi yang sangat khas yang mengakar dari lokal konten yang mempunyai nilai luhur kearifan lokal yang sangat unik di dunia. Hal itu harus didukung dengan fasilitas aksesibilitas dan amenitas yang memadai sebagai pendukung unsur 3 A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibiltas) sebagai tolak ukur.
 
“Events Pesona Seba Baduy 2017 merupakan upaya meningkatkan unsur atraksi untuk mendukung unsur amenitas dan aksesibiltas untuk pengembangan destinasi pariwisata di Kab. Lebak Provinsi Banten khususnya sebagai penyangga untuk mendukung percepatan destinasi prioritas Tanjung Lesung  yang saat ini terus ditingkatkan,” tukas Esthy.

Wawan Gunawan menuturkan manfaat dari Kebudayaan adalah investasi positif secara jangka panjang, seperti yang sering disampaikan oleh Menpar Arief Yahya bahwa Kebudayaan semakin dilestarikan semakin mensejahterakan masyarakat.
Hal tersebut disikapi dalam bentuk dukungan Kemenpar kepada aktifitas budaya di masyarakat sebagai kemasan atraksi pariwisata budaya yang menarik, melibatkan masyarakat banyak, dan sudah terbukti dalam berbagai event pariwisata budaya di berbagai tempat di seluruh Nusantara berujung meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat.
H.Deden Sunandar (Kang Aden) putra Lebak selaku pengemas event wisata budaya di wilayah Banten, menjelaskan bahwa  prosesi upacara Seba Baduy merupakan salah satu tradisi amanat leluhur (pikukuh karuhun) yang wajib dilaksanakan oleh masyarakat Baduy setahun sekali, tepatnya adalah  pada bulan Safar awal tahun baru, mengikuti penanggalan adat Baduy (penanggalan mengikuti penanggalan khusus masyarakat baduy).
Seba Baduy adalah bentuk syukur  dan penghormatan suku Baduy terhadap pemerintah baik itu Bupati Lebak (Ibu gede) maupun Gubernur Banten (bapak Gede). 
Sebagai wujud rasa syukur dan penghormatan terhadap pemerintah, masyarakat Baduy dalam upacara Seba mempersembahkan hasil panen dalam setahun, berupa talas, gula, pisang, dan lain-lain.

Prosesi seba dimulai dari perjalanan Masyarakat Baduy dari Wilayahnya di Kenekes Leuwidamar menuju pusat pemerintahan kabupaten lebak yaitu Kota Rangkasbitung lalu disambut oleh pemerintah dan masyarakat di Pintu masuk kota rangkasbitung dilanjutkan dengan rangkaian prosesi penyambutan masyarakat baduy menuju pendopo bupati Lebak.

Setiba di Pendopo masyarakat baduy di jamu oleh pemerintah lebak dan dilanjutkan dengan prosesi seba pada malam h

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts