Home » » Nilai-nilai Yang Perlu Dikembangkan Dalam Pelajaran IPS

Nilai-nilai Yang Perlu Dikembangkan Dalam Pelajaran IPS


Nilai-nilai Yang Perlu Dikembangkan Dalam Pelajaran IPS
Seperti yang sudah kita ketahui dan pahami bahwa IPS adalah ilmu yang berkaitan erat dengan kehidupan manusia. Oleh karena itu dalam pelajaran IPS perlu dikembangkan nilai-nilai luhur untuk meningkatkan kualitas manusia dan kehidupannya. 
Berikut ini nilai-nilai yang dikembangkan dalam Ilmu Pengetahuan Sosial:
a. Nilai Ketuhanan
Materi pembelajaran apapun dalam pendidikan IPS wajib berlandaskan kepada nilai Ketuhanan. Nilai Ketuhanan merupakan nilai transendental yang menjadi core value dari sistem nilai yang ada.
b. Nilai Edukatif
Salah satu tolak ukur keberhasilan pelaksanaan pendidikan IPS adalah adanya perubahan tingkah laku sosial peserta didik kearah yang lebih baik. Proses pembelajaran IPS tiidak hanya terbatas di kelas dan sekolah pada umumnya melainkan lebih jauh dari itu dilaksanakan dalam kekhidupan sehari-hari
c. Nilai Praktis
Pembelajaran tidak memiliki makna yang dalam jika tidak memiliki nilai praktis. Pokok bahasan IPS tidak hanya konsep teoritis belaka, melainkan digali dari kehidupan sehari-hari yang bersifat kontekstual.
d. Nilai Teoritis
Pembelajaran IPS tidak hanya menyajikan fakta dan data yang terlepas dari kerangka teoritis, melainkan dibina dan dikembangkan kemampuan nalar kearah sense of rality, sense of discovery, sense of inquiry, serta kemampuan mengajukan hipotesis terhadap suatu masalah.
e. Nilai Filsafat
Menumbuhkan kemampuan merenung tentang eksistensi dan peranannya di tengah masyarakat, sehingga tumbuh kesadaran mereka selaku anggota masyarakat dan sebagai makhluk sosial
f. Nilai Kemanusiaan.
Nilai-nilai kemanusiaan seperti kasih sayang, tanggung jawab, kejujuran, kedamaian, tanpa kekerasan, kedisiplinan, ketekunan, sikap peduli, dan sebagainya perlu disampaikan secara terpadu dalam pembelajaran IPS, sehingga dihasilkan kualitas lulusan yang unggul (human excellence) atau manusia utuh/kaffah sesuai dengan cita-cita pendidikan nasional.
#PelajarTangguhPurwakartaIstimewa
Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment