Home » » Manfaat Kopi Campur Madu Sebagai Minuman

Manfaat Kopi Campur Madu Sebagai Minuman


Kopi campur madu merupakan cara minum kopi yang cukup unik. Masyarakat menyebut minuman ini sebagai "KoMad", konon katanya dapat menyegarkan tubuh dengan cepat. Tapi tentu masih ada keraguan tentang minuman ini "Bolehkah minum kopi dicampur madu?"
Seperti kita ketahui pemanis kopi yang lazim digunakan adalah gula pasir. Tapi tahukah bahwa kopi manis dengan gula adalah pemicu utama obesitas dan diabetes bagi penikmat kopi. Alternatif yang bisa gunakan untuk menggantikan gula adalah madu.
Kombinasi minum kopi campur madu sudah terbukti aman dikonsumsi oleh manusia. Apalagi madu merupakan pemanis alami dari lebah yang sudah terkenal sebagai salah satu bahan makanan dengan banyak sekali manfaat bagi kesehatan.
Madu VS Gula
Secara teknis madu memang memiliki lebih banyak kalori jika dibandingkan dengan gula, dimana sesendok teh madu itu sekitar 21 kalori sedangkan gula hanya 16 kalori saja. Mungkin dari sini terlihat bahwa gula lebih "baik" daripada madu jika untuk diet. Tapi ternyata tidak demikian, berikut ini adalah kelebihan kandungan dari madu bagi kesehatan tubuh manusia,
Gula yang terkandung dalam madu lebih cepat dibakar oleh tubuh sehingga hanya sebagian kecil yang diubah menjadi lemak dan tersimpan dalam tubuh.
Gula dalam madu mempunyai glycemic index yang lebih rendah dibandingkan gula pasir yang artinya tidak terlalu berdampak pada gula darah.
Gula dalam madu memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan gula sehingga kita bisa memakai madu yang lebih sedikit ketika menyeduh secangkir kopi
Madu memiliki lebih banyak mineral dan vitamin seperti kalsium, zat besi, magnesium, vitamin B1, B2, B3, B5, B6 and C.
Walaupun sudah terbukti menyehatkan namun madu jarang digunakan karena harganya yang mahal. Alasan lain kurang populernya minuman ini dikarenakan kebanyakan madu berkualitas akan mengubah aroma dan rasa dari minuman kopi.
Manfaat Kopi Campur Madu
Mengurangi Resiko Diabetes
Madu yang memiliki index glycemic yang rendah tentu membuat kita terbebas dari resiko diabetes. Selain itu juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya obesitas.
Menambah Stamina
Setelah meminumnya pasti akan membuat anda yang awalnya mengantuk menjadi kembali bersemangat dan bugar kembali. Hal ini dikarenakan kandungan kafein dari kopi
Kesehatan Mulut
Kopi memiliki zat anti bakteri yang dapat membantu kita menjaga kesehatan mulut yang kedepannya dapat mengurangi resiko terjadinya kanker mulut.
Dan tentu saja masih banyak khasiat minum komad karena si madu dan kopi memiliki dampak positif bagi kesehatan asal tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya.
Resep Minuman Kopi Campur Madu:
Untuk mendapatkan  rasa komad yang pas memang cukup sulit karena pada dasarnya tingkat manis dan pahit dari komad sangat tergantung pada jenis kopi dan madu yang kita pakai. Resep di bawah ini hanyalah contoh saja. Anda bisa mencoba mengubah takaran untuk mendapatkan minuman yang sesuai selera.
Bahan:
Kopi bubuk robusta 2 sdm
Madu 2 sdm
Air 300 ml
Whipped cream dan coklat bubuk (optional sebagai pelengkap)
Cara Membuat Kopi Campur Madu:
Panaskan air sampai mendidih hingga terlihat gelembung-gelembung udara. Biarkan dulu sekitar 30 detik untuk memastikan benar-benar panas, barulah setelah itu masukkan kopi bubuk. Saring kopi ke dalam blender lalu tambahkan madu. Blender sebentar agar tercampur. Taruh ke dalam gelas lalu hiasi dengan whipped cream dan taburi coklat bubuk.
Itulah artikel tentang Manfaat Kopi Campur Madu Sebagai Minuman. Semoga artikel singkat ini dapat menjawab pertanyaan "Bolehkah minum kopi dicampur madu? Selamat mencoba

0 comments:

Post a Comment