Home » » Ikon manusia setia

Ikon manusia setia

Ikon Manusia Setia

Pangersa Guru Agung Abah Aos adalah teladan. Secara khusus beliau adalah teladan sekaligus ikon manusia setia di abad 21 ini. Sudah mafhum bersama, kini, di zaman kiwari, kesetiaan merupakan 'barang' yang langka dan teramat mahal harganya. Terlalu banyak pilihan dan terlalu banyak godaan untuk tetap setia...

Abah Aos adalah bukti manusia yang berhasilkan "mentauhidkan" (baca: meng-esakan dan satu-satunya) dua sosok penting dalam hidupnya, yaitu, setia pada satu guru (Abah Anom) dan setia kepada satu istri (Umi Aos). Tidak ada satu riwayat pun yang menyebut Abah Aos berselingkuh kepada dua sosok itu sepanjang hidupnya.

Loyalitas tegak lurus! Begitulah Abah Aos!

Jangan ditanya soal ujian mencapai maqom tersebut. Ujian menduakan guru dan ujian memadu istri. Abah Aos muda adalah seorang yang haus dan sangat mencintai ilmu. Namun beliau tak tergoyahkan dan yakin sumur ilmu gurunya yang satu ini tanpa dasar dan takkan pernah habis. Sampai detik ini hanya satu guru satu sumur ilmu: Syeikh Ahmad Shohibul Wafa' Tajul 'Arifin.

Abah Aos muda, adalah seorang yang energik, ganteng rupawan, dai' muda favorit, banyak perempuan muda dan tergila-gila, namun, semua tak membuatnya lupa, sudah punya Umi Aos tercinta, wanita nyaris sempurna dan tiada dua. Sampai seusia ini, menua bersama.

Kesetiaan inilah salah satu riyadhoh dan mujahadah terbesar yang berhasil Abah Aos jalani sebagai seorang murid dan juga seorang suami. Tidak mudah dan tidak lumrah, namun inilah salah satu yang mempercepat kenaikan maqomnya hingga setara dengan derajat Syeikh Mursyidnya, Abah Anom.

Dalam tradisi suluk berthoriqoh, perbuatan syirik (menyekutukan guru) atau 'berselingkuh' merupakan dosa bosar yang hanya diampuni bila gurunya mengampuni perbuatannya. Menduakan istri, dari lisan Pangersa Abah, artinya, sudah harus siap "bingung" setiap hari. Bagi para kyai, ini merupakan perbuatan zina-nya para kyai, "bohong mah kudu," ucap Pangersa Abah, melukiskan gambaran kehidupan dalam pernikahan mendua.

Akhirnya, semua kembali kepada kita, sangguhkah kita, para muridnya bermujahadah meneladani Guru Agung kita Abah Aos dalam satu hal ini?

Semoga kita diberi kemampuan untuk menjalani riyadhoh kesetiaan sampai habis masa kontrakan hidup kita di dunia. Bikaromah wal barokah seluruh Kekasih Alloh Silsilah TQN Ma'had Suryalaya khusus Pangersa Abah Aos alfatihah. Amin.

Salam setia,

Abah Jagat
[Pembantu Khusus Abah Aos/
Wakil Talqin Hadrotusyeikh]

#Repost

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts