Home » » Keberadaan Eijkman memang tak bisa dilepaskan dari peranannya sebagai salah seorang pendiri.

Keberadaan Eijkman memang tak bisa dilepaskan dari peranannya sebagai salah seorang pendiri.

MolekulerEijkman,      Keberadaan Eijkman memang tak bisa dilepaskan dari peranannya sebagai salah seorang pendiri.   Kini dr.  Herawati   menjabat sebagai wakil  ketua Lembaga Eijkman, selain   itu  beliau  juga  mempunyai kelompok    penelitian      tentang keanekaragaman   genetik  populasi Indonesia   dalam    hubungannya dengan      ketahanan     terhadap penyakit.  Disamping itu dr.  Herawati juga  menjabat  sebagai Kepala Unit DNA  Forensik.    Selama   menjadi peneliti  di  lembaga  Eijkman banyak pengalaman -  pengalaman  menarik yang  Dr.  Herawati  temukan,    salah satunya adalah pada saat Indonesia mengalami  krisis ekonomi dan sosial. Kala itu,  Singapura   menghubungi

lembaga Eijkman untuk menawarkan pindah ke negaranya untuk membuat suatu   kegiatan   baru.  Tetapi   rasa nasionalisme   kita   mengalahkan segalanya, katanya.
Tantan.gan  Eijkman  tak  hanya
itu,  agar bisa terus survive,  penelitian diperlukan prioritas dan yang lainnya menulis karena hasil - hasil penelitian harus  ditulis   dalam  bentuk  jurnal ilmiah  lnternasional.  "Selain  itu kita juga  mengirim   10 hingga  15 orang ke luar  negeri   bukan   pakai   uang Indonesia, kita carikan mereka dana dari luar negeri dan jangan   kembali kalau   kita  belum  siap  menerima." Ditengah  aktivitasnya   yang  padat, pada waktu  luangnya  dr.  Herawati selalu  menyempatkan  diri   untuk membaca,  bertaman,   travelling,  dan mengumpulkan  berbagai   macam pernak  -  pernik  etnik  serta tenun dari berbagai daerah yang dikunjungi dari Sumatra hingga  Papua. Setelah semua didapat,  adakah yang masih ingin   dikejarnya?  "Bukan   untuk saya,  tetapi  lebih pada perempuan - perempuan dalam ilmu pengetahuan untuk  tetap   bisa   berdedikasi   dan berkarya tanpa harus meninggalkan kewajiban  mereka sebagai seorang ibu  atau  perempuan    dalam   satu rumah tangga.1!13

Lyroxy® mengandung   7 senyawa an  oksidan: tycopene.  lutein.  11-karoten,  vitamin E,  vitamin C. selenium yeast  dan   seng.   Dalam    mengatasi radikaJ   b  bas,  7 senyawa   antioksidan  ini akan bekerja secara sinergis.
r Lycopene   adalah    "antioksidan    yang kuat  }1
dengan  kemampuan  menetralisir   oksigen
KLEPTOMANIA, BUKAN P  NCURI BIASA
membahayakan diri sendiri atau orang lain. Sebagianbesarpenderita penyakit ini merasa malu dalam kehidupannya, kondisi ini malah membuatnya  tidak mau  mencari  pengobatan   kepada seorang ahli jiwa.  Meskipun penyakit ini tidak dapat disembuhkan,  dengan pengobatan   setidaknya   dorongan untuk  melakukan  pencurian  dapat dikurangi.

Seperti  Lingkaran  Setan Seorang  kleptomania   tidak  seperti pencuri biasa, dia tidak ingin mencuri barang milik orang lain, atau mencuri
untuk balas dendam.  Keinginan tersebut   muncul  begitu  saja, tidak dapat ditahan. Saat keinginan tersebut
muncul dirinya merasa tidak nyaman,



Jika Anda mendapatkan keluarga yang   menderita    penyakit   seperti ini,  berikan  perhatian  pada dirinya. lngat bahwa kelainan ini merupakan gangguan, bukan merupakan karakter negatif. Lakukan pendekatan pribadi tanpa menyalahkan atau memojokkan. Tujuan utama dilakukan pengobatan untuk meminimalisasi hasrat mencuri dan   membantu  penderita  hidup tanpa  rasa kecanduan  mencuri  dan menghilangkan rasa malu.

Mengapa Klepto?
Penyebab kelainan ini masih belum diketahui,    beberapa   penelitian menemukan    bahwa   kelainan   ini berhubungan dengan cairan kimia di otak yang bernama serotonin. Senyawa ini berperan dalam pengendalian mood dan emosi. Selain itu diduga kelainan ini berhubungan  dengan gangguan ketergantungan    atau   gangguan
obsessive compulsive.

Kleptomania bukanlah pencuri blasa.  Mengendalikan kelalnan ini bukan hal yang mustahil.

ANYAK yang heran melihat
'aktris      terkenal     Winona
Ryder berkali-kali kedapatan
~        mencuri  di supermarket. Cantik,  kaya dan terkenal,  apa yang kurang,  lalu mengapa dia mencuri?
Jangan samakan Winona dengan pencuri   umumnya.   Dia  mengidap gangguan kleptomania.  Kleptomania merupakan   keinginan   yang  tidak dapat ditahan untuk mencuri padahal dirinya  tidak  terlalu  membutuhkan barang  tersebut,  dan  barang  yang dicuri nilainya tidak seberapa. Kondisi ini merupakan masalahkejiwaan serius dan dapat  mengganggu  kehidupan selanjutnya.
Kelainan ini termasuk golongan impulse control disorder, atau kelainan tidak   dapat   menahan    keinginan untuk    melakukan    sesuatu   yang



gelisah, dan tegang. Untuk mengatasi perasaan tersebut, dia mencuri. Saat melakukan   tindakannya,    perasaan tegang    menghilang   dan   merasa mendapat  penghargaan.    Namun sesudahnya,  dirinya merasa bersalah, dan  takut  tertangkap.   Hanya saja, perasaan bersalah kemudian  hilang, dan muncul kembali keinginan mencuri. Kondisitersebut seperti lingkaran setan yang terus berulang.

Terjadi  spentan Perbedaanantara pencuri biasa dengan penderita kleptomania,adalahperasaan mencuri terjadi secara spontan, tanpa perencanaan. Kondisi tertekan  lebih memicu perasaan tersebut. Sebagian besar penderita mencuri di area milik umum,   seperti  mall,   atau  toserba. Terkadang  mencuri  saat berkumpul dengan    teman-temannya    pada sebuah pesta atau pertemuan lainnya. Barang yang dicuri  hanya disimpan, tidak pernah digunakan, selanjutnya diberikan pada orang lain, atau secara diam-diam dikembalikan.


Sebenarnya  penyakit   ini  tidak terlalu     banyak,    sebagian    besar penderitanya   tidak  berobat  ke ahli jiwa,   sehingga   seringkali   berakhir pada tuntutan   hukum,  dan banyak kasus kleptomania tidak terdiagnosis. Sebagian besar keinginan ini muncul pada usia 20 an,  pada beberapa kasus muncul  saat kanak-kanak atau pada usia lanjut.  Meskipun penyebab pasti kelainan ini masih belum  diketahui, beberapa   faktor   risiko  terjadinya kelainan ini di antaranya :  Stres yang berlebihan, misalnya terkena bencaran alam,   atau   kehilangan   anggota keluarga dan cedera otak atau kepala. Memiliki    anggota    keluarga   yang terbukti    mengalami    kleptomania, gangguan   mood,     atau   penyakit obsessive    compulsive   disorder   juga memengaruhi.

0 comments:

Post a Comment