Home » » belakang badan ibu di samping tangan yang memegang bayi. Posisi tidur

belakang badan ibu di samping tangan yang memegang bayi. Posisi tidur

belakang  badan ibu di samping tangan yang memegang bayi. Posisi tidur

Berguna  untuk  ibu  yang  ingin berbaring, atau setelah melahirkan dengan caesar. Posisi tidur ini pun dapat dilakukan  dengan  lengan
menopang  kepala   ibu atau bayi dapat  ditopang  dengan  lengan bawah  dan bila ASI berlebihan maka  proses  menyusui   dapat dilakukan dengan ibu terlentang dan bayi tengkurap.

•tst&m~•
Pada intinya tata laksana memposisikan
bayi dalam proses menyusui  adalah dengan membiarkan  kepala bayi terletak  pada pertengahan  lengan bawah   atau  pergelangan  tangan

dan lengannya.  Posisi menyusui yang kurang tepat disebabkan karenakepala bayi terletak di  siku. Hal itu membuat bayi jadi  menunduk  saat menyusui. Lalu badan  bayi tidak  menghadap badan  ibu, tetapi  hanya kepalanya saja.  Dimana  leher bayi jadi  ketarik ke samping.  Hal itu akan menyulitkan bayi  untuk   menelan   ASI. Artinya bagaimanapun posisiibu menyusui hal yang perlu diperhatikan adalah,ibu dan bayi dalam keadaan nyaman, biasanya dengan memperhatikan 4 butir kunci, yaitu: kepala dan badan bayi satu garis lurus, wajah  bayi menghadap  pada payudara, bayi didepak dekat dengan badan  ibu dan bayi kecil sebaiknya ditopang seluruh  badannya  bukan hanya kepalanya saja.

Pelekatan
lni adalah istilah yang digunakan untuk mneyebut cara bayi menahan puting dalam mulutnya.  lni adalah langkah paling   penting    dalam   menyusui. Tanda-tanda  pelekatan  yang  benar adalahsebagianbesarareola (lingkaran gelap  pada payudara)  dan jaringan payudara di bawahnya berada dalam mulut bayi. Di mana areola bagian atas bayi terlihat  lebih banyak dari bagian bawah.  Lalu mulut bayi terbuka lebar, bibir  bawah  bayi keluar,  dagu  bayi melekat  ke payudara  dan pipi  bayi menggelembung. Selain itu. sebagian besar gudang  ASI masuk ke dalam mulut  bayi dan lidah bayi berada di bawah sebagian besar gudang ASL
RAP kali  ibu  yang  menyusui mengatakan  bahwa   dirinya merasaASlnya kurang, payudara engkak,   puting   nyeri,  Iuka,
lecet dan mastitis (payudara meradang), sehingga prosesmenyusui pun terganggu. Bagaimana menyingkapinya?

ASI Sedikit
Banyak ibu yang berpikir  bahwa ASlnya kurang  atau sangat sedikit sehingga tidak cukup untuk bayinya.  Sesungguhnya  ibu dapat menghasilkan ASI yang cukup untuk bayinya. Kadang permasalahannya karena bayi tidak cukup sering menyusu secara efektif.
Menyusui   semau  bayi  dapat meningkatkan  produksi ASI, karena produksi   ASI disesuaikan  dengan kebutuhan bayi, sehingga sebaiknya kita tidak  berpikir  seberapa banyak kita   memproduksi    ASI,    tetapi seberapa banyak ASI yang diperoleh bayi.    Proses   menyusui   sangat dipengaruhi  oleh perasaan dan pola pikir  positif/negatif  dari ibu. Keadaan psikis dan  percaya diri  ibu  sangat mempengaruhi  hormon  pengaliran ASI,  yang dikenal dengan oksitosin. lsapan bayi merangsang   produksi hormon tersebut, sehingga ASI dapat dialirkan  dari pabriknya.  Kemudian akibat isapan itu pula, otot-otot  yang mengelilingi    pabrik  penghasil  ASI akan mengerut  dan memerah  ASI, sehingga ASI dapat dihisap dengan mudah oleh bayi.
Bila    ibu    selalu     berusaha membangun   pikiran  dan perasaan yang    baik,    misalnya    dengan membayangkan     bayi    dengan kasih  sayang  melalui   suara  bayi, akan sangat membantu   proses ini. Selain itu melihat  bayi atau fotonya dan  melihat   keceriaan  ayah yang bermain  dengan  anaknya pun bisa meningkatkan  hormon tersebut

Payudara bengkak  & Puting lecet/Luka
Payudara   bisa  saja  mengalami

Bila lbu MenyusuiSakit
TBC
lnfeksi     berat     seperti TBC   dan    lepra    juga bukan     alasan    untuk menghentikan pemberianASL JikaAnda mengidap TBC paru-paru aktif,    dokter    mungkin merekome  ndasikan agar  anda  memberikan ASI         perah       selama beberapa           minggu sampai  TBC tidak  aktif lagi. lnfeksi aktif artinya mampu  menulari  orang lain.     Dalam   beberapa minggu setelah memulai pengobatan, Anda tidak akan menulari orang lain dan    karenanya   dapat meneruskan  pemberian
ASL

dengan alasan        ibu         sakit, penyusuan     dihentikan. Dalam   banyak    hal   ini
tidak    perlu.   Penyusuan   hanya dibenarkan     untuk     dihentikan jika     penyakit      yang     diderita begitu  berat, seperti gaga I   ginjal, jantung     atau   kanker.    Bahkan, ibu  yang terkena  gangguan  jiwa pun,  masih dianjurkan   menyusui bayinya  di  bawah  pengawasan.
Jika ibu  mengidap   penyakit akut,    penularan     yang    terjadi sebenarnya   lebih  sering   terjadi akibat     percikan     ludah     atau sentuhan       tangan       daripada karena    ASL   Jadi   akan    lebih bermanfaat      bila    ibu    belajar cara   menyusui    dengan    aman (misalnya      ibu     menggunakan masker)    daripada    memikirkan cara berhenti   menyusui.


Lepra
Lepra   tidak    menular   semudah TBC dan obat-obatan  yang direkomendasikan     dianggap aman bagi bayi. Karenanya Anda dapat terus menyusui.


Hepatitis
Ada beberapa virus yang dikenal menyebabkan      sakit      kuning, yang paling umum adalah virus hepatitis  A, B,   dan  C.   Anda  bisa terus menyusui bayi juka Anda mengidap  infeksi  Hepatitis  A. Dalam  kasus lnfeksi  Hepatitis  B, Anda  bisa  menyusui   hanya  jika bayi telah diberikan rangkaian imunisasi  hepatitis  B   secara lengkap. lnfeksi Hepatitis C bisa menular  melalui  ASI dan karenanya Anda tidak boleh meneruskan menyusui bayi.
apakah  tubuh   Anda  benar-benar   membutuhkan obat? Sia pa tahu ada cara lain yang lebih a man yang bisa digunakan  untuk  meredakan sakit Anda.

Tanyakan kepada dokter apakah konsumsi obat masih dapat ditunda  hingga masa menyusui berakhir?

•    Kalaupun terpaksa mengonsumsi  obat, pilihlah obat yang tidak berpengaruh  pada produksi ASI.

Namun bila Anda memang  tidak  bisa menghindar  dari konsumsi obat secara rutin, atur jadwal  pemberian  ASI dengan jadwal  minum  obat.
Berikan   ASI  sebelum   Anda   minum    obat   agar kandungan  obat dalam ASI sekecil mungkin.

Pompa dan simpan ASI yang layak untuk dikonsumsi sebanyak mungkin  sebelum minum  obat.

Minum  obat  pada malam  hari tepat  sebelum  bayi tidur  sepanjang malam.




ERINGKALI  ibu   berhenti   menyusui    karena takut    obat-obatan     yang    dikonsumsinya menganggu  bayi.  Padahal   hanya sebagian  kecil saja   yang  bisa "lolos"    ke dalam  ASI,  sehingga
kecil  kemungkinannya    menimbulkan   efek  pada bayi. Walaupun  kebanyakan obat tidak  membahayakan  bayi dalam dosis dosis  kecil,  beberapa perlu diwaspadai.
Semua obat yang direkomendasikan    bagi pengobatan kanker, gangguan tiroid, zat-zat radioaktif, penenang,  dan antibiotik  tertentu   seperti  tetrasiklin, sulfonamida,  dan klorafenikol  tidak dianjurkan jika Anda sedang   menyusui.

Meski kecil pengaruhnya,   pertimbangkan dulu beberapa hal berikut  sebelum Anda minum  obat.
•   Sebelum memutuskan  minum   obat,  yakinkan betul


PFilt~vit®

Bila bayi  Anda  haus dalam  3  -  6 jam  berikutnya, berikan ASI simpanan yang sudah dipompa  sebelum Anda minum  obat.

Bila tetap   harus  menyusui   setelah  minum   obat- obatan yang bisa menimbulkan  efek samping  pada bayi,  pompa  dan buang ASI beberapa  kali sampai Anda  yakin  kadar  obat  di  dalamnya   sudah jauh berkurang.


Menyusui Kala Hamil Anda bisa terus menyusu bayi Anda yang pertama bahkan jika Anda ha mil
lagi ketika masih menyusui.  Namun Anda perlu memerhatikan nutrisi yang Anda asup dan memastikan bahwa tidak kurang gizi.
Meningkatkan
Komposisi:          Stamina               
Tiap Kaplet mengandung:                            Pritavit'
o  Vitamin    81 o  Vitamin   82 o  Vitamin    86        .                        50   mg
.                   25   mg
.                   10  mg              
o  Vitamin     812                .                         5 mcg         
o  Nicotinamida .                     50   mg           
I        o  Calcium     Pantothenate .                20    mg               
o  Vitamin   C      .        500   mg     
No.  Registrasi   :  DBL 9630904309A1

BlTEROPONG. . .:. 

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts