Home » » Temukan dunia baru penuh kegembiraan di ResortsWorld™ Sentosa Singapore

Temukan dunia baru penuh kegembiraan di ResortsWorld™ Sentosa Singapore

Temukan dunia baru penuh
kegembiraan di ResortsWorld™ Sentosa Singapore


Tujuan   wisata    paling   diminati  di Asja  kini  menawarkan   pengalaman  di  dunia   baru   yang  sungguh  berharga Manjakan    indera   Anda   di  dunia   hiburan  tiada   henti, pengalaman   berbelanja   dan   petualangan   kuliner    yan, khas,  atau   nikmati  kenyamanan  dan  kemewahan   hotel   kami  yang  unik  dan  berkelas  dunia.

PERTAMADI DUNIA
lkuti  petualangan  di luar  imajinasi  Anda.
Sirkus teatrikal  spektakuler  yang dipersembahkan   oleh  produse kreatif terkemuka dunia, Mark Fisher.Voyagede la Vie™  mengisahka perjalanan  hidup  seorang  pemuda  dan  bagaimana  dia  mengen: cinta, imajinasi, konflik, kehidupan  dan  kematian.  Sebuah  hibura murni yang sungguh tak terlupakan!
SEDANG DIPENTASKAN.

Pilihan  hidangan  yang menggoda
Manjakan diri dalam petualangan kuliner di lebih dari 40 restoran  yang lezat, mulai dari masakan internasional dari  koki selebriti terkenal, hingga makanan lezatAsia dan lokal terbaik. Manjakan indera pengecapAnda dalam perjalanan menakjubkan bersama koki peraih Michelin-star  terbanyak, Joel Robuchon, atau nikmati hidangan Kaisekimewah di Kunio, yang dipimpin oleh MasterchefKunio Tokuoka, koki peraih 4 Michelin-star.
Nikmati hidangan kontemporer dan mewah dari seluruh dunia dengan latar
SINGAPORE

Pengalamanberbelanja  yang unik menanti Anda
Nikmati pengalaman   berbelanja   yang tak ada duanya di  Resorts  World  Sentosa Singapore    dengan   lebih  dari 45 outlet  retail yang  menawarkan  segalanya,  mulai dari  merek  internasional     terkemuka  seperti  Bulgari dan Victoria's  Secret  hingga barang koleksi dan  pernak  pernik  yang menarik.
serslaplah  untuk bersenang-senang!
egala kemewahan dunia baru menunggu  Anda.  Dengan perpaduan interior    yang
:legan,  hiburan   yang memukau.  pilihan bersantap    mewah dan  hospitalitas   penuh
.eceriaan   yang berlangsung   non-stop,   kami   memberi Anda kesempatan    untuk ermain dengan penuh gaya. Nikmati keramahan berkelas  dunia di hotel  kami
Sesuai   dengan    janji   awal   kami  untuk    menghadirkan   penawaran   kelas  dunia dengan   jajaran hotel mewahnya  -  masing-masing  dengan ciri  khas  tersendiri, namun dengan  sentuhan    keramahan   Asia.   Bangun   dan rasakan    pengalaman    berbeda  di Crockfords'"  Tower  yang   mewah,  Hard  Rock  Hotel  Slngapore"    yang   glamor, Festive   Hctel'"   yang  ramah  bagi keluarga    atau   Hotel   Michael""     pertarna    di dunia    karya arsitektur    Amerika  legendaris,  Michael    Graves.

)unia yang belum pernah Anda kenal namun   terasa   sangat  akrab,  Resorts   World   Sentosa Singapore adalah tujuan resor  ideal
Ji  mana semua bisa berkumpul untuk   mendapatkan     pengalaman    yang menyentuh    dan  akan   selalu   dikenang. Temukan saat-saat
>aling   berharga,  hanya di  Resorts World   Sentosa Singapore.


Untuk  pemesanan  dan informasi   lebih lanjut, hubungi agen perjalanan  pilihan.
~ 20 I 0 Chihuly   Studio.  Voyage de la Vie TM & © Genting  International    Management  Limited.All   rights  reserved.   Resorts  World tM   & © 20 I 0 Resorts  World  at Sentosa  Pte.  Ltd.All  rights reserved.

EKARMADJI Maridjan  Kartosoewirjo   adalah   tokoh menarik. Dari segi nama, penilaian subyektif   saya mengatakan   figur   ini  tidak  memiliki    Islamic    cre- dential   yang  kuat.   Demikian    pula  jika   dilihat  dari
sisi penampilan.    Potret  dirinya,  seperti tampak  dalam  buku Cornelis van  Dijk yang  berjudul  Darul  Islam,  tidak menge- sankan    sebagai    santri    dalam   perspektif   Clifford    Geertz. Foto itu bahkan   lebih  tampak   berkarakter   abangan.
Kesan   "nonsantri"   ini diperkuat  dengan   asal-usul  sosial-
nya  yang   berspektrum    priayi-abangan.    Ayahnya  adalah, menurut   Van Dijk,  "mantri  penjual  candu,  seorang peranta- ra  dalam   jaringan   distribusi  candu siap  pakai   yang  dikon- trol   dan   diusahakan    pemerintah".    Dan   sekolahnya   pun sekuler:   Inlandsche  School  der  Tweede Klasse,  HIS,   ELS, dan  kemudian  NIAS-sekolah    dokter  Jawa.
Menariknya, warna  nonsantri itu tidak  muncul dalam pembicaraan    mengenai   Kartosoewirjo.    Sebaliknya,    figur ini  justru   dikenal   sebagai   bagian   penting   dari  pergerakan Islam, khususnya dalam  kaitannya dengan  gagasan dan eksperimen    negara  Islam.
Di Indonesia,   wacana   dan  karya  kesarjanaan   tentang  ne- gara  Islam   sering   dikaitkan   dengan   aspirasi  ideologis   dan politis   "golongan  agama"-yang    kemudian  bermetamorfo- sis menjadi   partai   Islam.   Ini  karena   mereka,   sebagaimana tecermin   dalam   perdebatan   di  Badan   Penyelidik   Usaha- usaha  Persiapan  Kemerdekaan  Indonesia   (1945) dan  Sidang Konstituante   (1956-1957),    ingin   menjadikan   Islam  sebagai dasar  negara.
Meski  demikian,  Kartosoewirjolah   yang  berasal-usul   so- sial nonsantri itu, yang  menyatakan  sikap  politiknya  secara lebih  tegas:  memaklumkan  berdirinya  Negara   Islam  Indo- nesia   melalui    gerakan    Darul    Islam.   Sementara   golongan agama atau  partai   Islam   "hanya"    berani   mengusulkan  Is- lam  sebagai   dasar   negara,   Kartosoewirjo  tanpa  ragu   me- milih  mendeklarasikan   negara  Islam.
Terlepas  dari   soal  nama,  penampilan,   dan  asal-usul    ke- luarga   yang   "bukan   santri",  kehidupan   Kartosoewirjo    ti- dak  kosong   dari   warna   Islam.   Setidaknya   dia  pernah    de- kat dengan H.O.S.  Tjokroaminoto-bapak  penggerak na- sionalisme   Indonesia    melalui   Sarekat    Islam.   Berbeda    de- ngan   Soekarno   atau   Semaoen-Darsono      yang  juga  menja- dikan   Tjokroaminoto   sebagai   mentor,   Kartosoewirjo   bah- kan  pernah   bergabung  dengan  PSII  dan  Masyumi.  Dia juga melatih   pemuda-pemuda   dalam  lembaga Suffah  yang  diba- ngunnya.
Atas  dasar    itu  dapatlah   dikatakan   bahwa  Islamic  creden-
tial  yang   disandang   Kartosoewirjo    lebih  bersifat  institu- sional  daripada  substansial.  Kartosoewirjo   barangkali   me- mang  tidak   memiliki  pengetahuan   tentang    Islam  sedalam Wachid  Hasyim,  Mohammad Natsir, atau  Isa Anshari.   Lagi- lagi menurut   Van Dijk,  substansi  Islam  diperolehnya  secara otodidak  melalui   buku-buku   berbahasa  Belanda,   yang  dia

Bahtiar Effendy*



dapatkan  dari  kiai-kiai    Malangbong,   seperti   Yusuf  Tauziri dan  Ardiwisastra-mertuanya.
Barangkali   sadar   akan   hal  ini,   yaitu  keterbatasan   me- ngenai  keluasan   dan kedalaman  Islam,   Kartosoewirjo   tidak
bersedia  membuang waktu   untuk   menggali dasar-dasar   te- ologi  tentang  perlunya  negara   Islam.   Dan  memang,   Negara Islam   Indonesia    yang   dia  proklamasikan   pada   7  Agustus
1949  lebih  merupakan  reaksi  politis  daripada agama  atas  si- tuasi  yang  berkembang waktu itu.
Deliar   Noer,  misalnya,   percaya bahwa   gerakan  Darul   Is- lam  muncul   karena    Kartosoewirjo-yang     ketika  itu  "me-
mimpin   sebagian   kekuatan    bersenjata  umat  di daerah   Jawa Barat" -tidak  setuju  dengan   Persetujuan  Renville.  Inti  per- setujuan    itu  adalah   ditariknya  kekuatan  bersenjata  Indo- nesia,  termasuk  Hizbullah  dan  Sabilillah,    dari  daerah   yang
dianggap dikuasai   Belanda.
Tapi  sebenarnya,   di luar  Persetujuan  Renville,  ada  faktor lain  yang  menyebabkan  kelahiran   Negara   Islam  Indonesia, seperti   berdirinya  Negara   Pasundan  ciptaan  Belanda   pada Maret   1948  dan-ini  barangkali  yang  paling   menentukan- jatuhnya  pemerintahan   RI di  Yogyakarta    pada   Desember
1948 karena   aksi polisional  Belanda.
Dalam  konteks seperti  itu,  kental warna kebencian  terha- dap  kolonialisme  Belanda   dalam   kaitannya  dengan   berdi-
rinya   Negara    Islam   Indonesia.   Bahwa    kemudian   Karto- soewirjo  memberi makna  jihad dalam  reaksinya terhadap perkembangan  keadaan,  hal  itu  merupakan   sesuatu   yang lumrah.
Gagasan  mengenai  jihad  memberikan  dimensi   lain,   nilai
tambah,   dalam perang melawan   Belanda-walaupun    harus pula  disadari,   dalam   tradisi   masyarakat   agraris   yang  ma- sih sangat   tradisional,   belum  tentu  pemahaman  tentang  ji- had  memiliki  kedalaman  makna   teologis.  Bisa saja jihad  di- mengerti dalam konteks mesianistik-menghadirkan      juru selamat    yang   diridhoi  Tuhan.  Bukankah,  sekali   lagi  me- nurut   Van Dijk,  Kartosoewirjo  juga  dilukiskan   sebagai   pe- mimpin  yang  memiliki  kekuatan   mistik,   lengkap  dengan keris  dan  pedangnya-Ki   Dongkol  dan  Ki Rompang?
Tentu,  kualitas  yang  dimiliki  Kartosoewirjo   tidak   unik, tidak   hanya ada  pada   dirinya sendiri.   Sejak   awal  abad  ke-
20 sampai   sekarang,   pejuang negara   Islam  tidak  selalu  ber-
asal  dari   kalangan  muslim   yang-dalam    kerangka    antro- pologis   masyarakat  Indonesia-disebut     santri.   Di belahan dunia lain, pejuang   negara   Islam  itu ada  yang  berasal-usul seperti   Kartosoewirjo,   setidaknya  jebolan  perguruan  tinggi
sekuler,  bukan   madrasah.
Ini artinya,  seperti  tampak   dalam  sejarah  pergerakan  Da- rul  Islam   di Indonesia,   gagasan  mengenai   negara   Islam  ti-
dak mesti  muncul  karena   kesadaran    keagamaan.  Ide itu bisa juga  lahir  sebagai  respons atas  perkembangan   keadaan.
* Dekan  Fakultas  Imu  Sosial  dan Ilmu  Politik

Universitas  Islam  Negeri  Jakarta 

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts