Home » » TARI PERANG. Seorang pemuda di Lembah Baliem

TARI PERANG. Seorang pemuda di Lembah Baliem


TARI PERANG. Seorang pemuda di Lembah  Baliem,

Papua, melakukan
pengintaian pada     1
festival perang untuk
memperingati   HUT
RI ke-65   di Wamena, Kabupaten Jayawijaya
,Papua,  Selasa,
10 Agustus  (atas).
TRAOISI   BALIMAU. Sejumlah anak melompat  dari ketinggian  saat melakukan  tradisi menyucikan  diri (balimau)    menyamb1Jt Ramadan di pemandian  Lubuk Minturun,   Padang, Sumatera  Barat, Selasa, 10 Agustus.
SIDANG  PERDANA.   Perancang  busana  Adjie Notonegoro  di dafam  mobif tahanan  setefah  mengikuti  sidang  kasus dugaan  pengge/apan  uang di Pengadifan Negeri Jakarta  Selatan,  Kamis,  12 Agustus .
Mampir di Masyumi

la bekerja sama dengan Jepang dan mendirikan Masyumi. Menolak
segala perjanjiandengan  Belanda.
M
Kartosoewirjo   meminta   peng- ikutnya memahami ajaran  Islam yang  hanif,  menjaga   pers~tuan, dan   menghentikan    konfiik    ka- rena  perbedaan  ideologi.
"Karena         konfiik        sesama
bangsa    Indonesia   hanya    akan menguntungkan          Belanda,"    ka~ tanya.    Ia  mematangkan    partai yang   diharapkan    menjadi    wa- hana   organisasi  bagi  semua   ke- lompok   Islam,   sambil   memper- siapkan   tentaranya  sendi.ri,   las~ kar  Hizbullah   dan  Sabilillah    d1
Priangan.
Semua    menyaksikan     Karto-
soewirjo  merupakan sosok ber- pengaruh dan keras hati. Sikap kerasnya   pada  persetujuan   Ren- ville   mendorong  Perdana   Men- teri Amir Sjarifuddin meminta Kartosoewirjo    menjabat   Men- teri  Pertahanan.  Tapi  dia meno- lak, karena   masih  merasa  terikat dengan    Masyumi    dan   tak   me- nyukai arah politik Amir yang condong ke kiri.
Sebelumnya,      dalam      sidangLinggarjati.   Sebab,   kesepakatan
tahan      dalam     Perang Pasifik.    Dalam    bukunya   Bulan Sabit dan Matahari Terbit, Harry J. Benda  melihat:  Jepang  merestui pendirian    organisasi     Islam    itu dengan   harapan    kekuatan    Islam membantu    dalam   perang.   Pada- hal  para  pendiri   Masyumi-    Kiai Haji Wachid Hasyim,  Mohammad Natsir,   Kartosoewirjo,     dan  lain- nya-   menghendaki         organisasi ini   dapat    menghadirkan    sema- ngat  Islam  dalam  perang   kemer- dekaan.
Waktu itu Kartosoewirjo bukan pendatang   baru.  Sebelum   terpi- lih sebagai  Komisaris  Jawa  Barat
merangkap    Sekretaris    I Masyu- mi,   ia  sudah   aktif   dalam   Maje- lis Islam  'Alaa  Indonesia  (MIAI), salah  satu  organisasi   cikal  bakal Masyumi.     Bersama     kawan-ka- wannya,   atas  izin Aseha-residen Jepang  di Bandung-ia   mendiri- kan  cabang   MIAI  di lima  kabu- paten  di Priangan.
Kartosoewirjo       cukup     dekat dengan    Jepang.    Dalam    Soeara MIAI,   ia  menulis    betapa   ajar- an  Islam  akan   berkembang  bila umatnya   ikut  membangun    dunia baru    bersama     "keluarga     Asia
Timur  Raya." strategi   kerja   sama  ini  terbukti
efektif.    "Masyumi   dan MIAI, ke- duanya    buatan  Jepang,    dengan perantaraan   agen  para   kiai   ala Tokyo,sebenarnyakampkonsen- trasi.  Namun   akhirnya  menjadi pendorong     dan   daya   kekuatan yang   hebat   (dalam   pergerakan Indonesia),"    tulisnya.
Atas usul Kartosoewirjo  pula, Wachid  Hasyim,  Natsir, dan ang- gota  lainnya,    pada   7  November
1945 di Yogyakarta,   menyatakan Masyumi   sebagai   partai   politik. Kartosoewirjo       tetap    menjabat sekretaris      pertama.      Program- nya menciptakan     negara   hukum berdasarkan      ajaran     agama    Is- lam.    Kartosoewirjo    juga   diberi tugas   mendirikan     pusat   Masyu- mi di daerah   Priangan.
Tujuh   bulan   setelah   itu,  pada Juni  1946,   Masyumi   daerah   Pri- angan    mengadakan    konferensi pemilihan  pengurus   baru  di Ga- rut.     Kartosoewirjo     menunjuk Kiai   Haji   Mochtar  sebagai    ke- tua  umum  dan  ia sendiri   sebagai wakilnya.     Nama    tokoh   politik Islam   setempat,    seperti   Isa  An- shari,    Sanusi   Partawidjaja,     KH Toda,   dan   Kamran,    masuk   ke- pengurusan.     Dalam    pidatonya,   ·pada 1955. itu    menguntungkan      Belanda, yang  nyata-nyata   ingin   kembali menjajah  Indonesia.    Penolakan itu  menimbulkan   konfiik,   Kar- tosoewirjo    diancam  gerilyawan sayap  kiri,   Pesindo.   Bung  Torno meminta  Kartosoewirjo   mence- gah  pasukan  Hizbullah  menem- baki  kelompok Pesindo.
Melihat   persetujuan   Linggar- jati   dilanjutkan    dengan    agresi militer    Belanda,    Kartosoewirjo memfokuskan   perjuangan    ber- senjatanya   dengan   basis   Islam. Dalam  pertemuan  di Cisayong,  ia dan kawan-kawan   membekukan Masyumi   dan  semua  cabangnya di  Jawa    Barat.     Kartosoewirjo membentuk  Majelis  Umat  Islam. Masyumi   tidak  mendukung,  wa- laupun  tidak  ikut  menghantam.

Ketika     Masyumi     memegang pemerintahan,      Natsir      mengi- rimkan   surat  yang  mengajaknya tu run  gunung,  kembali   berjuang dalam    batas-batas   hukum    ne- gara   yang   ada.   Namun    Karto- soewirjo  membalas     surat    Nat- sir   dengan    pahit,     "Barangkali saudara   belum  menerima   prokla- masi (Darul  Islam) kami."

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts