Home » » SEBELUM Jamaah Islamiyah terbentuk, Darul Islam sudah pecah menjadi tiga.

SEBELUM Jamaah Islamiyah terbentuk, Darul Islam sudah pecah menjadi tiga.

SEBELUM Jamaah   Islamiyah terbentuk,    Darul    Islam    sudah pecah   menjadi    tiga.   Satu   faksi dipimpin   Ajengan,   satu   dipirn­ pin  Abdul   Fatah   Wiranagapati, dan  lainnya    KW­9  yang  dipim­ pin  Abi  Karim.   Layaknya  par­ tai  politik,  perpecahan   dipantik masalah   jabatan.
Awalnya   pada     1974,    ketika Darul   Islam   memutuskan   kem­ bali  ke gerakan   bersenjata.  Daud Beureueh   diangkat   menjadi imam pertama. Tapi, tahun  ber­ ikutnya,   ia ditangkap  dan  dibui. Adah  Djaelani   tampil menggan­ tikan  Daud  Beureueh.
Pada  1980,  Adah  juga  dijeblos­ kan  ke penjara.   Ia dianggap  ter­ libat  sepak  terjang   Warman,  pe­ mimpin   pasukan    khusus    Darul Islam,   yang   mencari    modal   de­ ngan   melakukan   fai­alias    me­ rampok­di     berbagai   tempat    di Jawa  Barat.  Warman  juga  mem­ bunuh    Djaja   Sudjadi,    pentolan Darul   Islam  masa  Kartosoewir­ jo yang  menolak  bergabung   de­ ngan   gerakan    fisabilillah   pim­ pinan    Beureueh.   Masduki   pun
•     mengambil  alih pimpinan.
Adah menolak bergabung de­ ngan Ajengan. Ia menganggap pengangkatan   imam  baru  itu tak sesuai   dengan   prosedur   karena tak melalui  mekanisme dewan syura. Beberapa pengikut  Adah, terutama  Abi Karim, yang me­ nguasai      KW­9­Jakarta,        Bo­ gor, Tangerang, Bekasi,  dan Ban­ ten­ikut   menolak Ajengan.
Begitu   juga  Abdul   Fatah   Wi­ ranagapati,     yang     mengklaim pengikut   paling    murni    Karto­ soewirjo.  Ia menganggap mereka yang    mengklaim    diri    sebagai pentolan   tak   berhak    lagi   men­

jadi anggota  Darul  Islam. "Alas­ annya, para  pentolan   itu menan­ datangani  perjanjian   1962 yang menyatakan  Darul   Islam  batal," kata  Solahudin.
Hingga  2000, ada tujuh  ke­ lompok  Darul    Islam   yang   ma­ sih  memegang  prinsip  fisabilil­ lah,  dengan  konsep  amal, hijrah, dan jihad yang diajarkan Kar­ tosoewirjo.  Salah  satunya di­ pimpin  Tahmid    Rahmat  Basu­ ki,   putra    Kartosoewirjo.    Tah­ mid    awalnya    bergabung    de­ ngan Adah Djaelani. Dia dan pengikutnya marah   ketika  Adah menggantinya dengan  Abu Toto alias  Panji  Gumilang  sebagai kepala  staf  umum.
Tahmid   kemudian  menjadi imam    hasil    pemilihan    dewan syura  di Cisarua,  Jawa Barat. Langkah    ini    tak    memuaskan Gaos  Taufik, pentolan  Darul   Is­ lam   Sumatera,   yang   mengang­ gap lebih pantas  menjadi  pe­ mimpin. "Gaos merasa lebih se­ nior,"  kata  Solahudin.
Darul   Islam    pimpinan   Tah­ mid   juga   tak   mulus.   Pengikut­ nya,  Akdam   alias  Jaja,  tak  puas dengan   keputusan    Tahmid   me­ nyetop  pengiriman   kader   Darul ke  Mindanao,   Filipina    Selatan. Pengiriman   kader   ini  dianggap penting   setelah   kamp  pelatihan Afganistan  tak beroperasi  lagi.
Pada   1999,  setahun   setelah Sungkar     dan   Ba'asyir    kembali ke Indonesia, pecah  konflik Am­ bon. Inilah  momentum  kader  Ja­ maah  Islamiyah diterjunkan.  Di- pimpin  Zulkarnaen  alias Arif Su­ narso,  sebagian  besar  yang  diki- rim  ke Ambon berasal   dari  Man­ tiqi  Satu. Mantiqi  Tiga yang  ber­ basis  di Sulawesi pun  dibentuk.
Yang berangkat  ke Ambon,  se­ lain  anggota   Jamaah   Islamiyah, juga  anggota   Darul   Islam   yang tadinya  masih   mengakui   kepe­ mimpinan     Ajengan.     Menurut Solahudin,    penolakan    terlibat di Ambon   membuat  DI Ajengan pecah   lagi.  Yang  ingin   berjihad disebut  DI Akram­diambil   dari nama   tokohnya.   Di  Ambon,   DI Akram   bersatu    dengan   Jamaah Islamiyah.    Dan    dalam     kamp pelatihan     di    Mindanao    pada

1993­1999,   semua   kader    Darul yang terpecah­pecah  bersatu kembali. Mereka  seperti  melu­ pakan klaim   "pengikut Karto­ soewirjo palingmurni".

0 comments:

Post a Comment