Home » » Orang­orang yang berpuasa bukan saja harus dihormati

Orang­orang yang berpuasa bukan saja harus dihormati

Orang­orang   yang  berpuasa    bukan   saja  harus   dihormati

secara   istimewa,   tapi  juga  orang  lain  harus   bersedia ber­
korban   untuk   mereka.
Persoalannya  akan   berbeda   jika  kita  menganggap  ber­ puasa   dengan   sikap  lain:  puasa   bukan   sebagai   deprivasi, melainkan sebagai  ikhtiar kita untuk  mengurangi apa yang dirasakan berlebih   dan berlebihan   dalam  diri. Dengan  kata lain, inilah  puasa  sebagai  pilihan  laku  yang  menangkis   ke­ serakahan.  Bahkan   inilah  puasa   sebagai   reduksi   agresivi­ tas  menghadapi  dunia­agresivitas    yang  meringkus dunia jadi  milik  dan  bagian  dari  sasaran   konsumsi.
Dalam   puasa   reduktif   itu,  kita   sebenarnya  melanjut­ kan  pesan   Nabi  untuk   berhenti    makan   sebelum   kita  ke­ nyang   dan  juga  pesan   Gandhi    untuk   menyadari    betapa dunia   terbatas:  bumi  cukup  untuk   kebutuhan  tiap  orang, namun   tak  akan  cukup  untuk   ketamakan  tiap  orang.
Puasa   yang  macam  itu  tentu  saja  tak  akan  diakhiri    de­
ngan kemenangan yang dirayakan dengan Idul Fitri yang pongah.   Puasa   yang  menampik  keserakahan   dan  agresi­
vitas    tak   akan    meneriakkan    kemenangan, terutama   kemenangan  diriku   sebagai   subyek yang  perkasa   yang  telah  mengalahkan   tubuh sendiri.    Bahkan    dalam    puasa    yang   seperti itu,   "aku'',   seperti   dikatakan   Chairil   Anwar di pintu  Tuhan,   "hilang   bentuk,  remuk".
Tak   berarti     "hilang    bentuk,    remuk"    itu
menunjukkan    wajah   manusia   yang  tertindas dan  jadi  asing  bagi  dirinya sendiri.
Marx  memang pernah   menganggap,  dalam agama   (sebagai   bentuk    alienasi),   wujud   ma­ nusia   hilang:    "semakin    banyak  yang   dicu­ rahkan  manusia    ke  Tuhan,   semakin    sedikit yang  ia sisakan   bagi  dirinya  sendiri  .... ''.    Tapi di  situ  Marx   salah.   Pada   abad   ini  yang  kita saksikan  justru   sebaliknya:   semakin   banyak
yang   dicurahkan    manusia   ke  Tuhan,    semakin    meng­
gelembung    ia jadi  subyek   yang  penuh   dan  perkasa.   Dan agresif.
Mungkin   itu  sebabnya   mereka  yang  berpuasa  juga  tam­
pak  seperti   orang  yang  ingin  berkuasa.   Kecuali  jika  pua­
sa membuat   kita  sadar  bahwa   kita  tak  pernah   bisa  tegak utuh   sendiri.   Kita,  roh  yang  juga  daging,  terbentuk  oleh zat­zat   yang  sama  dengan  zat­zat   dunia­meskipun    kesa­ tuan antara  roh dan daging itu menyebabkan manusia  tak seluruhnya  bisa  dirumuskan.  Kita  ada  di bumi,  di bawah langit,  di antara   makhluk   lain  yang  fana,  di hadapan   Tu- han­sebuah     variasi   dari   das Geviert Heidegger.  Dalam posisi  itu,  aku  bisa  merasakan  bumi,  langit,  sesama  makh­ luk  dan  rahmat   Tuhan  mengasuhku.  Dalam  posisi  itu, aku bisa  menghilangkan   ketamakan   dan  agresivitasku.
Di  situ,   puasa   tak   akan   disertai    hasrat   mendapatkan
kompensasi    yang   memuaskan   buat   tubuh   yang   merasa tertindas  dan  terasing  oleh  Ramadan.  Di situ,  puasa   tak dimulai   dengan   merasa   telah   direnggutkan,   hanya  kare­ na  mulut   tak   boleh   menelan,   lidah   tak   boleh   mencicip. Di  situ,  puasa   adalah   pertemuan   kembali   dengan   tubuh yang  sebenarnya  lumrah   dan  patut disyukuri.  Bukan   tu­ buh  yang  dikurung   untuk   diwaspadai.

Dengan   kata  lain,   puasa   telah  jadi  semacam  privilese.                                                                    Goenawan   Mohamad

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts