Home » » Kemal dan Dudung, bekas tentara Darul Islam. juga mendekati penduduk desa

Kemal dan Dudung, bekas tentara Darul Islam. juga mendekati penduduk desa

Kemal dan Dudung,  bekas tentara Darul Islam. juga  mendekati  penduduk   desa, 

merekrut     anggota,      sekaligus mencari        tambahan      logistik. Pernah    ada  cerita   tentang  sua- mi-istri    dari   desa  pinggir   hutan yangmenitipkan  bayinyake rom- bongan    Kartosoewirjo.    Mereka khawatir   si bayi  bakal   dimang- sa   harimau   karena   sang   ayah mendalami   ilmu   pamacan-ke- saktian   yang  bis a meningkatkan kemampuan   diri   hingga    mirip macan.   Setiap   malam,   pasukan Kartosoewirjo   bergantian   men- jaga  si bayi  dengan   tombak   yang ujungnya   dibebat   kain   yang  di- bakar.   Naas,  di malam   ke-40,  se- mua  penjaga  ketiduran.    "Esok- nya,   tinggal    ibu  jari   bayi   yang tersisa,"   Sardjono mengisahkan.
Kegiatan rutin  lain  adalah  ber- gerilya  menghindari    kepungan tentara,  terutama ketika  Operasi Pagar  Betis  digelar.   Ada  saatnya rombongan   harus    menyeberan- gi pagar   betis  tentara.    Barikade tentara     Republik    sangat    ketat. Setiap   10 meter  ada  posko  pasu- kan.   Tali  penghubung  antarpos digantungi    kaleng-kaleng     se- hingga  berisik   bila  terlanggar.
Kisah    lucu   menerobos  pagar betispernah  terjadisaatrombon- gan  Kartosoewirjo   akan  menye- berang    ke  daerah    Garut.    Seki- tar  200 orang  mengendap-endap di  malam   hari.   Memasuki  area perkebunan,    kendaraan     patroli tentara   mondar-mandir.  Pemim- pin rombongan   di depan  membe- rikan   pesan   dengan   berbisik   se- cara   beruntun.    Awalnya,   pesan berbunyi:    "Hati-hati     ada  patro-

li."  Tapi,   sampai    tengah,    pesan mulai   menyimpang,   dan  sampai ke belakang  menjadi:  "Aya huwi, aya huwi"-bahasa       Sunda   yang berarti    "ada  ubi".  Sebagian  ang- gota   rombongan   berhamburan mengejar   fatamorgana.   "Untung tidak   tertangkap,"    kata   Sardjo- no geli.


KEMAL   masih    fasih    mela- falkan   cukilan    ayat  Al-Quran- "Dan  tidaklah  engkau  melempar ketika  melemparkan,   Allah  yang melempar."   Dulu,   ayat  itu  sela- lu dibacanya setiap  kali  akan  me- letupkan  senjata   mesin  otomatis sesuai   dengan   petunjuk  koman- dannya.   "Saya  pemegang  bren," katanya.  Waktu   muda   perkasa, Kemal   adalah tentara    Darul   Is- lam.   Sekarang  dia  sudah   renta, ringkih.   Ia hanya bisa  berbaha- sa Sunda.
Rumahnya   di  Ciakar,   Cibeu-
reum,   Tasikmalaya.   Kampung- nya   berbatasan    dengan    hutan,
·      tepat   di  kaki   Gunung  Galung- gung.  Saat   disambangi,   dia  se- dang menunggu magrib: ber- sarung,   dengan   peci  hitam   dan
sorban   merah   lusuh.   Kemal   tak tahu    tahun    kapan    dilahirkan. Dia  hanya   ingat   usianya  17   ta- hun   ketika   bergabung      dengan Kartosoewirjo.
Awalnya,   Kemal   masuk   Insti-
tut  Suffah,   lembaga   pendidikan Islam    yang    didirikan       Karto- soewirjo pada  1940-an,  yang ber- lokasi  di jalan  Malangbong-Blu- bur  Limbangan.    Orang   tua   Ke- mal  terpesona  oleh  ajaran   Kar- tosoewirjo    sehingga   menyeko- lahkan   anaknya di sana.
Selama    menjadi   tentara,    Ke- mal   sering   bertugas   menyusup ke desa-desa  pinggir  hutan.   Ka- rena  itu,  dia  jarang  bertemu    de- ngan  Kartosoewirjo.  Yang  jelas, "Setiap     perintah    Imam    harus kami  laksanakan,"   katanya.
Di matanya,  Kartosoewirjo adalah  pribadi  yang keras dan bijaksana. Dalam  banyak ke- sempatan   di  markas,    dia   sela-
lu memberikan  pengajian dan tuntunan kepada anak buahnya. "Rujukannya Al-Quran. Karto- soewirjo dasarnya  Islam.  Kalau Soekarno kan Pancasila," ujar Kemal.
Selain     mengajarkan    agama,

Kartosoewirjo   menggelar  latih- an   kemiliteran    bagi    laki-laki

0 comments:

Post a Comment