Home » » Kar- to meyakinkan bahwa bertapa juga dilakukan Rasulullah ke- tika memperoleh wahyu per- tama kali di Gua Hira.

Kar- to meyakinkan bahwa bertapa juga dilakukan Rasulullah ke- tika memperoleh wahyu per- tama kali di Gua Hira.

nya,   menurut   Solahudin,   Kar- to  meyakinkan   bahwa  bertapa juga   dilakukan   Rasulullah   ke- tika    memperoleh   wahyu   per- tama  kali  di Gua Hira.

Setelah   bertapa,  Karto  meng- aku   mendapat    "wahyu    cakra-
ningrat"  -sinar       terang       yang disebutkan    berbentuk    kalimat syahadat     dalam    bahasa     Arab. Sinar   itu  disebutkan  melingkari wajah   Karto.   Ateng  Jaelani    Se- tiawan,   mantan    Panglima   Ten- tara   Islam   Indonesia,    yang   di- tangkap   pada   Maret    1962,   me- ngatakan   bahwa   dengan    "wah- yu  cakraningrat"   Karto    meng- klaim    dirinya  sebagai     "khali- fatullah".   Kartosoewirjo   meng- angkat   dirinya sebagai   imam  se- luruh umat  Islam  di dunia.
Dalam   buku   Pedoman  Dhar-
ma  Bhakti    Negara   Islam   Indo- nesia   jilid  ketiga,   Kartosoewir- jo  disebut   dengan   banyak juluk- an:  Ratu  Adil,  Imam  Mahdi,  Sul- tan    Heru    Tjokro,    dan    Satrija Sakti.    Julukan   itu   disesuaikan dengan  ramalan   Joyoboyo,    pu-
jangga  Jawa,  tentang   orang  yang
akan memimpin umat manusia. Konon Kartosoewirjo akan bisa menjadi   Ratu  Adil  jika  bisa  me-
nyatukan    dua   senjata    pusaka,

Laskar Hizbullah.    yakni   Ki  Dongkol   dan  Ki  Rom- pang.  Ketika   ia ditangkap  pada  3
Juni   1962,   keris  Ki Dongkol   ada di tangannya.
Dalam    buku    manifesto   poli- tiknya,   Heru   Tjokro   Bersabda: Indonesia  Kini  dan  Kelak,  Kar- tosoewirjo  menulis,   "Heru   Tjo- kro"   merupakan    "makhluk    Al- lah   yang   suci,   menguasai   dan memutar    roda     dunia     menuju mardlotillah    sejati,     yaitu    Ne- gara  Islam  Indonesia."   Heru  Tjo- kro  juga  diartikan  sebagai:   "pe- nyapu  masyarakat  [ahiliah",    Pe- merintah     Soekarno    dianggap kafir  karena  tidak   menjalankan syariat   Islam,   dianggap  jahiliah, dan  harus   diperangi.
Karto   menganggap  situasi   In- donesia   ketika  itu  sama   dengan
masa     penyebaran     Islam     oleh Nabi  Muhammad  di Mekah.   Se- mentara    Muhammad    mengha- dapi  perlawanan   kaum   Quraisy,
Kartosoewirjo           mengatakan menghadapi      Tentara       Nasio- nal  Indonesia.  Menurut    Solahu- din,  alih-alih  mengikuti  cara  ta- sawuf  yang  tidak agresif,  Karto- soewirjo meminta   anak  buahnya memerangi  pemerintah.
Karto   juga  membaurkan  ritu- al keagamaan dengan  kebatinan.

Pada     malam-malam    tertentu, dia  mengumpulkan   41 ulama   di daerah    "D-Satu"  -daerah  yang sepenuhnya dikuasai    Negara   Is- lam   Indonesia.   Mereka  berdoa, berzikir,   dan   bersalat   tahajud bersama.   Semua  dilakukan,  me- nurut    Solahudin,    demi   "meng- gapai  wangsit   dari  langit".
Al-Chaidar, peneliti gerakan Islam Indonesia dari Universitas Malikussaleh,  Nanggroe Aceh Darussalam,  ragu  Kartosoewir- jo menggunakan   pengaruh  ta- sawuf,  apalagi   yang  berbau   mis- tik.   "Informasi   itu   bias,   hanya cerita dari mulut   ke mulut,"   ka- tanya.
Untuk menguatkan ketaatan, konsep     baiat-pernyataan    se- tia    kepada     imam-diberlaku-
kan  bagi  pengikut. Sebelum ber- baiat dengan Kartosoewirjo, se- seorang belum dianggap menjadi muslim. Dengan baiat,  pengikut
Negara    Islam   Indonesia   ditun- tut  tunduk dan  patuh  kepada   pe- mimpin. Dengan  kesetiaan ini, sebagian     besar    pengikut   men- jadi   puritan.   Tak   aneh,   Tenta- ra Nasional Indonesia butuh  13 tahun untuk melumpuhkan ke- kuatan   Tentara  Islam  Indonesia

0 comments:

Post a Comment