Home » » Kahar Muzakkar, Pangllma Divisi Hasanuddln Negara Islam Indonesia.

Kahar Muzakkar, Pangllma Divisi Hasanuddln Negara Islam Indonesia.

Kahar Muzakkar, Pangllma Divisi Hasanuddln Negara  Islam Indonesia.

atau  komandan.   Organisasi  mo- del militer  ini  pun  menghilang- kan  struktur  Majelis  Syura  yang [uga diatur   dalam  konstitusi    Ne- gara  Islam  Indonesia.   Kelompok Jawa   Barat   memandang   struk- tur  militer   dibutuhkan   saat  pe- rang.   Sementara   Aceh  meman- dang  prinsip   sebuah   negara   tak dapat  dihilangkan   dalam   suasa- na apa pun.
Perbedaan  pendapat terus  ber- lanjut.   Pada  Januari    1955,   Aceh mengeluarkan     struktur      peme- rintah   dengan    presiden   Imam Kartosoewirjo       dan       sebagai wakil   presiden  Daud  Beureueh. Beureueh     mengembalikan    dua ulama    yang   sempat   bergabung dengan   Dewan   Imamah.   Selain itu,  dia mengumumkan  Aceh  se- bagai  bagian   dari  negara   bagian atau   negara    konstituen   Negara Islam   Indonesia.   Kartosoewirjo tak  setuju  dengan  tindakan    Beu- reueh.  Pada  7Maret1957,    Karto- soewirjo   mengirim  surat,   mene- gur  Beureueh.   Dia  menyatakan perubahan   itu belum  saatnya.
Meski  Kahar   tak  banyak  me-
lakukan  protes atas kebijakan Kartosoewirjo seperti Beureueh, secara mendasar terdapat  perbe- daan   ideologi di  antara    kedua- nya. Kahar ingin wilayah  keku- asaannya  mengikuti  negara    Is-

lam model kekhalifahan  pasca- Rasulullah.  "Kahar  mengubah istilah   imam  menjadi   khalifah," kata anak sulung Kahar, Hasan Kamal   Qahhar   Mudzakkar,   ke- pada  Tempo. Selain  itu, Kahar menggunakan   istilah   "Darul   Is- lam" untukmenggantikan    sebut- an Negara  Islam.
Kahar     sangat     tegas    menen- tang  terjadinya  bidah  dan khura- fat  dalam  Islam.   Menurut   Hasan, sikap  ini berbeda   dengan  Karto- soewirjo.    "Mungkin    karena    pe- mahaman   agama    Kartosoewir- jo yang berbeda,"katanya.      Menu- rut  buku   Al-Chaidar,   Pemikiran Politik S.M. Kartosoewirjo,  pada akhir  1955,  Kahar  mengeluarkan Piagam     Makalua     yang    meng- gambarkan   sifat   gerakan    yang berusaha    melenyapkan    praktek- praktek   tradisional.      Dia   ingin rakyat  meninggalkan    gelar  adat, seperti   andi,   daeng,   gede-bagus, teuku,  dan  raden.   Gelar  haji  pun dilarang      karena      dianggapnya bentuk  feodalisme.
Kahar   pun  melakukan    perom- bakan   organisasi  sosial  dan  eko- nomi   negara.     Rakyat    dilarang memakai      emas    dan    permata, mengenakan     pakaian    yang   ter- buat   dari   bahan    mahal    seperti wol atau  sutra,  memakai minyak rambut,   hingga   makan   dan  mi- num  dari  makanan  dan  minum- an   yang   dibeli    di  kota   seperti susu,  cokelat,   dan mentega.   "Da- rul  Islam  ingin  menciptakan   ra- gam  masyarakat     yang  sama  de- rajat  dan puritan,"   kata  Hasan.
Karakter  dan  gaya  yang   ber- beda    dari   tiga   imam   ini   pada akhirnyamembuatgerakanyang mereka  pimpin  berbeda   pula  na- sibnya.   Gerakan   Aceh  pimpinan Beureueh     berakhir    damai    de- ngan   pemerintah   tanpa   ada  to- koh pen ting  yang  ditembak   mati. Ulama   terkemuka  itu  turun  gu- nung   pada   1962    dan  meninggal pada   1987 dalam   usia   91.   Ada- pun   soal   kematian     Kahar    ada dua   versi.   Ada   yang   mengata- kan  dia  tewas  tertembak   di tepi Sungai    Lasala,    Sulawesi    Teng- gara,  dalam  Operasi  Kilat  pada  3
Februari  1965 dan  ada yang  me- nyatakan   ia  tidak    pernah  ter- tembak.    Yang  pasti   jenazahnya memang   tak  pernah  ditemukan. Karena     itu,    ujar   Hasan,    "Ke- luarga  tak berani menyebut   ayah itu almarhum."                                •


0 comments:

Post a Comment