Home » » AL·ZAYTUN

AL·ZAYTUN

AL·ZAYTUN

kapi  dengan   aneka   sarana   olah­ raga:  lapangan  sepak  bola,  atle­ tik,  hoki,  voli,  basket,   dan  tenis, juga  kolam  renang,  plus  stadion berkualitas    Olimpiade  interns­ sional.
Sukses    Al­Zaytun     tak    lepas dari  tangan   dingin  Syekh Abdus­ salam  Panji  Gumilang,   64 tahun. Lelaki    kelahiran    Gresik,    Jawa Timur,  ini  adalah   tokoh   Negara Islam  Indonesia. Dia  aktivis   Ge­ rakan   Pemuda   Islam,  juga  peng­ ikut    Lembaga   Kerasulan   pim­ pinan    Karim     Hasan­lembaga yang berafiliasi kepada  NII.
Sebelum     Al­Zaytun    berdiri, Panji Gumilang  dikenal dengan nama  Abdussalam  Toto atau Abu Toto. Pada  1996, ia menerima mandat   dari   Adah  Djaelani,    se­ sepuh  NII,  untuk   memimpin NII Komandemen Wilayah  9 (NII KW­9).
Penunjukan   Abu  Toto   diten­ tang    keras    kalangan    internal NII, yang berujung pada pem­ batalan   Adah  sebagai  Imam  NII. Tapi Abu Toto maju terus  dan mengembangkan Harakat  Qur­ ban­program          penggalangan
 Panji Gumilang, pemimpin Pondok Pesantren
Al-Zaytun.

Orang tua dan anak-anak  yang menjadi korban aktivitas
Al-Zaytun
mengadu ke Mabes Polri (kanan).

Pembuatan roti di dapur Pesantren
Al-Zaytun.
 besar­besaran   dana  umat  untuk gerakan.    Wilayah    KW­9   melu­ as dengan   pola  rekrutmen   yang "seperti   multi-level    marketing," kata  Sofwan,   yang  ikut  gerakan itu  ketika   baru   kuliah   semester pertama   di Institut  Teknologi In­ donesia.  Syarat  masuk  NII KW­9 adalah ikut  pengajian,  mengakui gagasan   negara   Islam,  menging­ kari  Negara  Republik   Indonesia, dan bersedia   dibaiat.
Menurut   Sofwan,     NII   KW­9
Abu Toto bertentangan  dengan ajaran     Islam.    Mereka,    misal­ nya,  menggelar  pengajian  tertu­ tup serta tidak mewajibkan  je­ maahnya melakukan   salat lima waktu    dan   menutup    aurat.   Je­ maah   juga   diwajibkan    menye­ tor uang  kepada   kelompok seba­ gai biaya  hijrah  dari  situasi  kafir menjadi  Islam.
Kebijakan Abu Toto itu di­ tentang    bekas   aktivis   NII  lain­ nya.   "Itu   Darul    Islam   gadung­ an    yang    mencemarkan     NII," ujar    Kastolani,    bekas    koman­ dan  kompi  Tentara  Islam   Indo­ nesia  di Brebes,  Jawa Tengah. Kartosoewirjo pun tak meng­ ajarkan   bahwa   orang  di luar  ke­ lompoknya adalah  orang kafir. "Kalau   pemerintahannya   kafir, iya, tapi bukan orangnya,"  ucap Kastolani.
Ketika   perekrutan   dan   peng­
galangan  dana mulai mengge­ lisahkan   di awal dekade  2 0 0 0, ge­ lombang  anti­Zaytun pun ber­ munculan.  Ratusan   orang  meng­ adu   sebagai    korban    ke   Forum Ulama  Umat  yang  dibentuk  ula­ ma Jawa Barat. Forum menge­ luarkan   fatwa  sesat  terhadap  ge­
 rakan  NII KW­9  Panji  Gumilang. Tim  Investigasi   Aliran    Sesat
(TIAS)  dan  Solidaritas  Umat  Is­
lam   untuk    Karban    NII   KW­9, Al­Zaytun,    dan   Abu   Toto   (SI­ KAT) dibentuk  masyarakat.   Tak ada  yang  tahu  persis   berapa   to­ tal   anggota    jemaah    NII   KW­9. SIKAT   pernah    memperkirakan jumlahnya   sekitar   100 ribu.  Tak jelas  pula  berapa nilai  duit  yang sudah    dikumpulkan    kelompok ini.
Investigasi     majalah      Tempo pada    2002  menemukan   bahwa ada  setoran   Rp  7  miliar   per  bu­ lan  hanya   dari  satu  wilayah.   Di seluruh    Indonesia    ada   28 wila­ yah  kerja  NII.  Jurnal   Van Zorge menyebutkan     pendapatan     ta­ hunan   Al­Zaytun    adalah   Rp 162 miliar.  Perhitungan   tim  investi­ gasi  Tempo  menunjukkan   angka yang jauh  lebih tinggi:  sekitar  Rp
770 miliar.
"Berapa    persisnya,    ya,   cuma
Syekh   dan   Tuhan    yang   tahu," ucap   Sofwan.   Uang   umat   yang dia   duga   hingga    triliunan    itu, menurut     Sofwan,    disimpan   di sembilan  rekening   Bank   CIC­ kini  menjadi  Bank  Century.
Panji   Gumilang  menolak  per­
mintaan wawancara Tempo. Pengurus   Al­Zaytun     juga   me­ larang Tempo mengunjungi pe­ santren  besar itu. "Kami tidak memperbolehkan   siapa  pun  ma­ suk tanpa  izin pimpinan," kata seorang anggota  staf humas Al­ Zaytun. Tapi pada 2002, kepada Tempo, Panji Gumilang menga­ takan  sumber  dana Al­Zaytun adalah  "sedekah" umat Islam di Indonesia  dan luar  negeri.           •
~asa depan bangsa ada di tangan kita...

angsa yang sejahtera  dan makmur tak tercipta serta-merta. lartabat dan kejayaan bangsa adalah usaha kita bersama.
yo kobarkan semangat  untuk bersatu padu membangun  negeri.
arena toleransi,  persatuan dan kebijaksanaan  yang hakiki
ialah kunci untuk mengurai kekusutan  bangsa ...

1irgahayu  Republik Indonesia ke 65
_



gun:  "Ke  mana   surat   itu   mesti saya  kasih?"  Dia  pun  menuju   ru­ mah   orang   kepercayaan  Ajeng­ an,  Kholid   Sarbini.   Surat   diteri­ ma Abdul  Gofar  anaknya.  "Saya wanti­wanti  agar surat  itu disam­ paikan  ke Ajengan,"kata    Hadi.
Surat   perpisahan   itu   diketik
dan   ditandatangani   Abdul   Ha­ lim  alias  Abdullah  Sungkar  dan Abu    Somad    alias    Abu   Bakar Ba'asyir.  Seki tar  20 tahun berga­ bung   di  Darul   Islatn,   keduanya keluar   dan  membentuk   Jamaah Islamiyah     pada    Januari    1995. Abdul   Halim   menjadi  amir   dan Abu Somad  menjadi  wakilnya.
Menurut    Solahudin,     peneli­ ti Darul  Islam,  Sungkar  dan Ba'asyir      masuk     Darul     Islam
pada  1975­1976,    setelah direkrut Haji Ismail  Pranoto.  Setahun  se­ belumnya,     Darul     Islam    mela­
Surat Perpisahan dari JohorBahru

Darul Islam terbelah mazhab dan pertikaian   politik.  lni merupakan cikal bakal Jamaah lslamiyah.

kukan     konsolidasi   dan    mere­ krut    banyak   aktivis   muda    Is­ lam.   Sungkar    dan  Ba'asyir   lari ke  Malaysia  pada    1985.  Di  Jo­
IBA­TIBA  ia balik  badan.
Ajengan   Masduki   di  de­ pannya     ia     tinggalkan. Hadi  Surya   lari,  menghi­ dupkan motor  bebek,  lalu
memacunya   ke  luar   desa.   Surat dalam   amplop  putih  yang  sedia­ nya hendak   disampaikan  kepada Imam   Darul   Islam   itu  masih   ia bawa.   "Enggak   tega  saya  setelah melihat    dia,"  ujar   Hadi,    kini   47 tahun,  saat  ditemui   di rumahnya di Bandung   tiga  pekan  lalu.
Hadi   masih    ingat,    pada    Fe­ bruari   1995,   ia  diutus   Abduro­ him  Toyib,  pemimpin    Darul   Is­ lam  Jawa   Tengah,    menyampai­ kan   surat   untuk    Ajengan   Mas­ duki.  Ketika  itu, Hadi  komandan Darul   Islam  Wilayah   Semarang. Mengendarai     sepeda   motor  dari Solo,   ia  menuju   Desa  Beji,   Pur­ wokerto,     Jawa   Tengah,    tempat tinggal   Ajengan   setelah   lari  dari asalnya   di Cianjur,  Jawa  Barat.
Ia bertemu  dengan   sang  Imam di   rerimbunan    tanaman      sing­ kong  dan  ubi jalar.  Di sekeliling­ nya  empang   lele  seluas   600 me­ ter   persegi.   Ajengan   Masduki alias  Damhuri,   ketika   itu  63 ta­ hun,  sedang   santai    di  empang­ nya. Menyambut Hadi, Damhuri melepas   caping,     mengangguk,

82   I      TEMPO 22 AGUSTUS   2010

tersenyum,   dan  menghampiri. Hadi  Surya  bukan   orang  asing
bagi    Ajengan.     Sejak     1980­an, Hadi   sering   datang    mengaji  ke tempatnya.   Pada  saat yang  sama, Hadi   juga  mengaji   ke  Abdullah
Sungkar    di   Solo.     Sang    guru
yang    lari    dari    kejaran     rezim
Orde   Baru   ke  Malaysia    itu   te­ lah  banyak bergaul dengan   akti­ vis dari  Afganistan,  Yaman, dan Arab  Saudi.  Dia  menekuni  ajar­ an   salafi   jihadi    dan   kemudian mendirikan    Jamaah    Islamiyah. Kepada murid­muridnya,    Sung­ kar  menyatakan   sejumlah    ajar­ an   Ajengan  Masduki   menyim­ pang  dari  Islam.                                a
Kepada Tempo,  Hadi  mencon­
tohkan,     Ajengan   mengajarkan
kisah Raja Zulkarnaen yang bertanduk.   Juga   cerita   lembah di Pandeglang,   Rangkas  Bitung, yang   menjadi  tempat  bertemu­ nya roh Sembilan Wali. "Kalau berdoa   di sana,  niscaya dikabul­ kan,"  kata  Hadi.
Surat    yang   dikirim  Abduro­ him Toyib berisi pernyataan pe­ misahan    diri  Abdullah  Sungkar dari  Darul  Islam.  Tapi hati  "sang kurir"   menjadi   luluh  demi  mel i­ hat Ajengan.
Di   ujung    jalan,     Hadi    terte­

Abdullah sungkar (pakai peci)
dan  Abu  Bakar
Ba'asylr,
saat diadili  di Sukoharjo, Jawa Tengah.

har  Bahru,    mereka    mendirikan Pesantren   Lukmanul   Hakiem. Pengikutnya    kebanyakan    ang­ gota  Darul   Jawa  Tengah   dan  In­
donesia Timur,  tempat   Sungkar menjadi komandan.
Hubungan        Sungkar         dan
Ba'asyir     di   Malaysia   semakin luas. Akses  ke Timur  Teng ah pun terbuka.    Sejak    1987,    Sungkar aktif  dalam  pengiriman  anggota Darul    Islam    untuk    berperang melawan  pasukan  Uni  Soviet  di Afganistan.   Kegiatan  ini melan­ carkan akses  ke aktivis  Islam  in­ ternasional.   Sejak    1990,   Sung­ kar  menjadi komandan  tertinggi Darul   Islam  dan  orang  kedua   di bawah  Ajengan Masduki.
Meski beberapa literatur me­ nyebutkan  J amaah  Islamiyah   di­ bentuk  pada  1993,menurutHadi,
ketika   itu masih  berupa   gagasan Sungkar  dan Ba'asyir. Setahun kemudian, Sungkar mengubah organisasinya  menjadi Ring  Da­
rul    Islam.     "Masih    dalam    ke­ luarga   Darul   Islam  atau  Negara Islam Indonesia, tapi sudah ber­ beda  ajaran,"  katanya.
Ba'asyir      berulang    kali    me­
nyangkal   keterlibatannya  de­ ngan    Jamaah      Islamiyah.     Dia hanya    mengakui   berbeda    pan­
DARUL ISLAM-JAMAAHISLAMIYAH


dangan    dengan    Ajengan   Mas­ duki.    "Kami    berpendapat    Ne­ gara   Islam   itu   sudah    tak   ada, namanya   tak   perlu   disebut­se­ but   lagi,"    ujarnya     dua   pekan lalu  usai  berceramah   di  Masjid Iqwanul   Qorib,  Bandung.
Kendati  begitu, Ba'asyir  meng­ akui    memiliki    hubungan    de­ ngan    orang­orang  Darul   Islam dan  Negara   Islam  Indonesia  ka­ rena kesatuan paham. "Kami kadang­kadang  ziarah  ke sana. Mereka orang­orang yang per­ juangannya  lurus,"  ujarnya.
Pengikut Darul Islam yang bergabung   ke   Jamaah     Islami­ yah dibaiat  lagi, Sungkar  mem­ formalkan    struktur      organisa­ si  seperti    markaziah,   mantiqi­ ah, wakalah, dan katibah. Or­ ganisasi   baru  ini  dibagi  menjadi dua mantiqiah:  satu  untuk   urus­ an  luar   negeri,  dipimpin  Ham­ bali, dan lainnya  urusan  dalam negeri,   dipimpin   Anshori    alias Ibnu  Thoyib  atau Abu Fatih.
Mukhlas   atau    Ali   Ghufron, kader yang cemerlang  dan baru pulang    dari   Afganistan,   berga­ bung    dengan    Hambali.   Begitu juga  Amrozi,  adik  Mukhlas.  Ke­ tika itu, 2.000 lebih kader telah dikirim   ke Afganistan.  Sebagian besar  dari  Jawa  Tengah.
Hambali  pun  jadi  orang   pen­ ting. Ia berhubungan  dan men­ dapatkan dana dari Al­Qaidah pimpinan  Usamah  bin Ladin.

Abdul Fatah
Wiranagapati.

Hadi Surya

(bawah).

0 comments:

Post a Comment