Home » » Bagaimanakah Manajemen & Kepemimpiman Sufi Menurut Abah Anom

Bagaimanakah Manajemen & Kepemimpiman Sufi Menurut Abah Anom

Bagaimanakah Manajemen & Kepemimpiman Sufi Menurut Abah Anom

Suatu sore pada tahun 2004, saya diajak makan di salah satu RM di Ciawi oleh Papap usai saya ditraktir beli banyak buku di Toko Gramedia Tasikmalaya.
Papap adalah panggilan kami orang yang sering dekat bersamanya dalam diskusi dan sharing ilmu tasawuf. Dialah Papap Sukria Atmadja ; Pembantu Khusus Abah Anom di Pondok Pesantren Suryalaya. Seorang Mayor Jendral dan Mantan Wakabulog masa Pak Harto. Beliau bercerita:
Han.. Tau gak? Papap ini terbiasa menjadi leader di luaran sana. Tetapi kenapa Papap tidak bisa menjadi pemimpin di PP Suryalaya. Bahkan Papap tidak bertahan sampai 2 tahun jadi Ketua Yayasan Serba Bakti PPS sebagai amanat dari Abah Anom. Dan pada akhirnya Papap mengundurkan diri jadi Ketua Yayasan. Dan Papap pun menghadap Abah.
Papap bertanya ke Abah. ...."Abah saya tidak sanggup jadi Ketua Yayasan, saya tidak mengerti manajemen apa yang diterapkan disini.
Sambil tersenyum dan tertawa kecil, Abah Anom menjawab : Manajemen yang diterapkan di Suryalaya adalah manajemen Sufi. Sambil tdk mengerti Papap bertanya : saya baru dengar Abah... apa itu manajemen sufi?
Abah Anom menjawab ; Manajemen Sufi adalah manajemen yang tidak menyinggung perasaan orang lain.

0 comments:

Post a Comment