Home » , » Murah Hati Murah Hati

Murah Hati Murah Hati

Murah Hati

Rosul bersabda: "Orang yang murah hati dekat dengan Alloh, dekat dengan manusia, dekat dengan surga, jauh dari neraka. Orang pelit jauh dari Alloh, jauh dari manusia, jauh dari surga, dekat dengan neraka. Orang yang bodoh dan murah hati febih disukai oleh Alloh daripada orang yang ahli ibadah lagi pelit"(diriwayatkan oteh Turmudzi dari Abu Hurairah, dan Tabrani dari A'isyah). Dan Rosul bersabda: "Kemurahan adalah satu di antara pohon-pohon surga yang cabang-cabangnya menggantung di dunia. Barangsiapa mengambil satu cabangnya maka ia akan menariknya ke surga.
Dan sifat pelit adalah satu di antara pohon-pohon neraka yang cabang-cabangnya menggantung di dunia. Barangsiapa yang mengambil satu cabangnya, maka ia akan menariknya ke neraka"(HR.Darukutni dan Baihaqi, dari Ali dan Ibnu Adi dari Abu Hurairah dan Abu Na'im dari Jabir dan Khotib dari Abi Sa'id dan Ibnu Asakir dari Anas). Alloh berfirman: "Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Alloh berikan kepada mereka dari karuniaNya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka.
Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat"(Ali lmron: 180). Alloh berfirman: "Dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka"(al-Baqoroh: 3). Firman Alloh: "Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: " Yang lebih dari keperluan"(al-Baqoroh: 219). Alloh berfirman: "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh ) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir seratus biji"(al-Baqoroh: 261).
Dan di antara kemurah hatian syekh adalah menghormati para pembesar yakni para ulama dan pemimpin pemerintah, karena keduanya adalah para tokoh ummat dan pelayan mereka. Kemudian syekh juga menghormati masyarakat biasa sebagaimana Rosul bersabda: "Sayangilah orang yang ada di bumi niscaya yang dilangit akan menyayangimu"(HR. Thobroni dari Jarir, dan diriwayatkan oleh Thobroni dan Hakim dari Ibnu Mas'ud, shohih). Rosul bersabda: "Sayangilah maka kau akan disayangi, ampunilah maka kau akan diampuni"(HR.Ahmad dan Bukhari dan Baihaqi dari Ibnu Umar, shohih).
Alloh berfirman: "Dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema'afkan (kesalahan) orang"(Ali Imron: 134). Dan syekh berkata kepada siapapun yang menolak TQN Suryalaya dengan apa yang difirmankan oleh Alloh: "Telah nyata kebencian dari mulut mereka, dan apa yang disembunyikan oleh hati mereka adalah lebih besar lagi"(Ali Imron: 118). Alloh mengampuni mereka karena mereka tidak tahu apapun dan mereka mencari jati diri mereka seperti kita mencari jati diri kita di dalam TQN.
Alloh berfirman: "Maka ke manakah kamu akan pergi"(at-Takwir: 26). Dan kita tidak pergi kecuali hanya kepada Tuhan Robbul alamiin sebagaimana Ibrohim As. Dan Alloh berfirman: "Dan ibrahim berkata:"Sesungsuhnya aku pergi menghadap kepada Tuhanku, dan Dia akan memberi petunjuk kepadaku"(ash-Shofat: 99). Dan pergi menuju Alloh secara pasti adalah dengan hati, bukan dengan jasad yakni dengan dzikrulloh. Karena ketika hati mengingat maka sampailah ia kepada sesuatu yang diingatnya. Jika mengingat Alloh maka sampailah kepadaNya serta kembali dan bersamanya selamanya. Inilah di antara apa yang dilakukan oleh mursyid kaamil.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts