Home » , , , » Apabila kamu melihat orang-orang yang mengikuti ayat-ayat yang mutasyabihat

Apabila kamu melihat orang-orang yang mengikuti ayat-ayat yang mutasyabihat

Apabila kamu melihat orang-orang yang mengikuti ayat-ayat yang mutasyabihat 

Apabila kamu melihat orang-orang yang mengikuti ayat-ayat yang mutasyabihat dari Al-Quran, maka mereka itulah orang-orang yang telah disebut oleh Allah. Maka waspadalah terhadap mereka." (Shahih Muslim No.4817)
Hadits tentang ilmu pengetahuan
1. Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda:
"Apabila anak adam meninggal dunia, terputuslah ilmunya kecuali tiga perkara, yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak sholih yang mendo'akannya." (HR. Muslim)
2. Dari abu Ummah r.a. bahwasannya Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda:
"Keutamaan orang berilmu terhadap seorang ahli ibadah seperti keutamaan aku terhadap orang yang paling rendah diantara kamu."
Selanjutnya, Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda:
"Sesungguhnya Allah, para Malaikat-Nya serta penghuni langit dan bumi hingga semut yang berada di dalam lubangnya dan ikanpun benar-benar bersholawat untuk mereka yang mengajarkan kebaikan kepada orang-orang." (H.R. At-Tarmidzi. Dia berkata: "Hadits hasan")
3. Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda:
"Sebaik-baiknya pembantu iman adalah ilmu. Sebaik-baiknya pembantu ilmu adalah akal. Sebaik-baiknya pembantu akal adalah kelembutan. Sebaik-baiknya pembantu kelembutan adalah kelunakan." Biharul Anwar 75/52
Hadits tentang ilmu yang bermanfaat
1. Dari Abdullah bin'Amr radhiyallahu anhuma, bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam berlindung dari empat perkara yaitu:
Ilmu yang tidak bermanfaat.
Hati yang tidak khusyu'.
Doa yang tidak didengar.
Jiwa yang tidak kenyang.
2. Diriwayatkan pula oleh Tirmidzi dari hadits Abu hurairah yang semisal dengan hadits 123, tetapi beliau menambahkan di akhir do'a dengan lafadz, "Dan tambahkanlah padaku ilmu, segala puji bagi Allah atas setiap keadaan, dan aku berlindung kepada-Nya dari keadaan penduduk neraka."
(Sanad hadits ini hasan)
3. Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda:
"Apabila seorang manusia meninggal maka terputuslah pahala segala amalannya kecuali dari tiga perkara yaitu sadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau anak shalih yang mendoakannya." (HR. Muslim no. 1631)
Beranda

0 comments:

Post a Comment