Home » » Kutipan kitab fathul majid

Kutipan kitab fathul majid

Kutipan dalam Kitab FATHUL MAJID
(Syaikh Abdurrahman Hasan Lu Syaikh)

Ucapan 'seandainya' akan membuka (pintu) perbuatan syetan".
Seperti contoh kalimat; "Seandainya aku berbuat demikian, tentu tidak akan begini dan begitu.".....

Sabda rosul:
"Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Alloh daripada mukmin yang lemah, dan pada masing-masing ada kebaikan.

Rosul Saw melarang dan mencela bersikap lemah.
Sikap lemah adalah tercela secara syara' dan akal.

Diriwayatkan dalam hadist:
"Orang yang pintar adalah orang yang menundukan hawa nafsunya dan beramal untuk kehidupan setelah mati, dan orang yang lemah adalah orang yang menuruti hawa nafsunya dan berharap kepada Alloh dengan banyak harapan."

Beliau Saw memberi pengarahan dalam hadist ini, bahwa jika seseorang tertimpa sesuatu yang tidak disukai, janganlah ia mengatakan "Seandainya aku berbuat demikian, tentu tidak akan begini dan begitu." Akan tetapi hendaklah ia mengatakan, "Ini telah ditakdirkan oleh Alloh, dan Alloh berbuat apa yang Dia kehendaki."

Karena ucapan "seandainya" akan membuka (pintu) perbuatan syetan.

Allah Ta’ala berfirman,
مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي أَنْفُسِكُمْ إِلَّا فِي كِتَابٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ نَبْرَأَهَا إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ (22) لِكَيْلَا تَأْسَوْا عَلَى مَا فَاتَكُمْ وَلَا تَفْرَحُوا بِمَا آَتَاكُمْ وَاللَّهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ (23)
“Tiada suatu bencana pun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. (Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri” (QS. Al Hadid: 22-23)

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts