Home » » Tips Calon Jamaah Haji Sebelum ke Tanah Suci

Tips Calon Jamaah Haji Sebelum ke Tanah Suci

JAKARTA (Ahad, 07/09/2014) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah memberikan izin kepada Pusat Riyal untuk memproduksi alat-alat sanitasi bagi keperluan haji dan umrah, memberikan tips persiapan bagi umat muslim yang hendak berangkah ke tanah suci. Pemilik Pusat Riyal Muchyidin Rudi menyatakan sekecil apapun persiapan untuk berangkat haji sangat penting. "Rohani. Jemaah haji harus bisa mengubah diri menjadi ikhlas, sabar, tolong menolong, dan berserah diri. Kemudian perbanyak informasi mengenai manasik dan menghafal doa-doa selama di tanah suci. Ini salah satu yang disiapkan pertama," ujar uchyidin dalam pers rilisnya, minggu malam (7/9).

 
Bawalah serta obat-obatan pribadi buat yang punya penyakit tertentu dan obat-obatan lain seperti anti-biotik, obat batuk, dan flu, obat sakit perut, obat pusing, obat gosok dan minyak kayu putih. Jangan lupa juga bawa masker, persiapan jasmani. Ibadah haji lebih banyak menggunakan fisik atau daya tahan tubuh. Oleh karena itu, jemaah haji disarankan untuk melatihnya dengan berolah raga, membiasakan salat berjamaah di masjid, dan meminum air putih akan membantu metabolisme tubuh. Para jemaah juga diingatkan untuk menyimpan kontak telepon penting yang dibutuhkan jika mengalami kesulitan saat berada di Tanah Suci. Obat-obatan, kata dia, juga harus disiapkan sejak awal.

 Selain itu, jemaah diimbau membawa kantung urine. Ini dilakukan untuk menghindari antrean di kamar mandi ketika ingin membuang air kecil. Apalagi, kata dia, jumlah jemaah saat musim haji ini bisa mencapai jutaan orang, sedangkan kamar mandi yang disediakan tidaklah sebanding. Dalam hal ini ia menyarankan menyiapkan kantong urine yang tersedia di Pusat Riyal.

--
8ahRI

0 comments:

Post a Comment