Home » » Presiden Terpilih Jokowi-JK harus mampu hadapi Koalisi Merah Putih

Presiden Terpilih Jokowi-JK harus mampu hadapi Koalisi Merah Putih

(berita-kita.net) - Presiden terpilih Joko Widodo atau biasa dikenal dengan panggilan Jokowi ini memiliki kemampuan dan strategi yang cerdas dalam menghadapi Koalisi Merah Putih baik di parlemen atau pun pada pemerintahan yang akan datang. Menurut pengamat politik Universitas Gadjah Mada, Erwan Agus Purwanto. strategi Jokowi yang ingin menekankan koalisi terhadap rakyat, dibanding partai merupakan eksperimen politik, yang juga berpeluang menjadi kekuatan besar kepemimpinannya "Jadi memang periode Jokowi ini akan banyak eksperimen politik, sehingga apabila berhasil justru akan menjadi kemajuan perpolitikan di Indonesia," kata dia.

Hal itu mengingat sistem pemerintahan di Indonesia tidak secara murni menganut sistem presidensial, akan tetapi sesekali waktu juga menerapkan sistem parlementer.

"Dengan sistem pemerintahan seperti yang berlaku di Indonesia saat ini, saya kira dukungan partai terhadap Jokowi yang hanya 33 persen di parlemen, tetap akan menjadi tantangan besar bagi pemerintahan Jokowi, apabila tidak
diimbangi dengan formula politik yang cerdas dan matang," katanya.

Meski demikian, ia memperkirakan, peluang kerja sama antara Jokowi dengan partai-partai pendukung Prabowo-Hatta masih memungkinkan terbuka lebar setelah pelantikan Jokowi-JK sebagai presiden dan wakil presiden dilaksanakan.

Di DPR Koalisi Merah Putih didukung oleh lima partai politik yaitu Gerindra, Golkar, PAN, PPP dan PKS dengan jumlah perolehan 292 kursi.

Sementara pasangan Jokowi-JK hanya didukung empat parpol, yakni PDI Perjuangan, Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Hanura dengan total memiliki 207 kursi. 

Adapun Partai Demokrat memperoleh 61 kursi DPR. Demokrat sebelumnya sudah menyatakan akan menjadi penyeimbang setelah pemerintahan SBY-Boediono berakhir. (*)


--
8ahRI

0 comments:

Post a Comment