Home » » Harga BBM dipastikan akan naik pada pemerintahan baru

Harga BBM dipastikan akan naik pada pemerintahan baru

Bahan Bakar Minyak (BBM) dipastikan akan mengalami kenaikan harga pada masa pemerintahan baru. Pertemuan yang diadakan tim transisi dari pemerintahan Jokowi-JK menghasilkan beberapa kesimpulan, diantaranya adalah sepakat untuk menaikkan harga BBM bersubsidi. Seperti dikutip dalam kompas.com, Ahli Ekonomi tim transisi pemerintahan Jokowi-JK, Arif Budimanta menyatakan bahwa hendaknya masyarakat memilih dengan baik apakah ingin memajukan pertumbuhan ekonomi di segala bidang seperti, pendidikan, infrastruktur, produktivitas, atau hanya ingin dibebankan kepada tetapnya harga BBM bersubsidi ini. Lebih lanjut, Arif menuturkan bahwa nilai tukar dolar terhadap rupiah mengalami kenaikan tahun ini dibandingkan tahun lalu. Dimana tahun lalu hanya berkisar antara 10.000 rupiah, sedangkan tahun ini berkisar 11.000 rupiah.

Beban berat mulai terasa untuk pemerintahan baru Jokowi-JK, selain RAPBN untuk tahun 2015 semakin memburuk karena subsidi untuk energi mencapai 20 persen dari total sebesar Rp. 2020 Triliun, keengganan dari pemerintahan SBY untuk menaikkan harga BBM menjadi salah satu kendala tersendiri. Seperti dikutip dalam Jawapos.com, pengamat ekonomi UGM Toni Prasetiantono berpendapat, seharusnya pemerintahan SBY menaikkan harga BBM untuk menyelematkan APBN. Lebih lanjut dikatakan, waktu ideal untuk menaikkan harga BBM adalah September 2014 atau Maret 2015. Pilihan waktu yang pertama lebih mungkin karena SBY masih menjadi presiden. Sehingga, kelebihan uang yang didapat oleh pemerintah bisa dimanfaatkan untuk pembangunan.

Pendapat lain dikemukakan oleh tim ahli transisi pemerintahan Jokowi-JK, Hasto Kristiyanto, bahwasanya kondisi apapun yang akan dihadapi oleh pemerintahan baru, Jokowi-JK siap memimpin. Peluang dari pendapatan pajak (tax ratio) masih mungkin untuk diraih. Dari target pendapatan pajak Rp. 1072 triliun tahun ini, hanya bisa dicapai sejauh 22 persen saja. Pemerintahan SBY selalu tidak mencapai target dalam penerimaan pajak. Inilah yang menjadi angin segar untuk pemerintahan baru. Dengan keyakinan yang tinggi, pemerintah baru diharapkan mampu untuk meraih penerimaan pajak secara maksimal. 

0 comments:

Post a Comment