Home » » Gagal Panen

Gagal Panen

Dari masa tanam padi hingga panen kurang lebih membutuhkan waktu empat bulan lamanya, tergantung jenis padi yang ditanam. Kebanyakan masyarakat Petir lebih memilih padi berjenis ini untuk ditanam, dengan alasan lebih ekonomis dalam hal perawatan.

Tapi siapa sangka, selama empat bulan masa penyerbukan dan perawatan kini kenyataan tidak sesuai dengan hasil panen. Wilayah Petir yang merupakan daerah atau lahan sawah tadah hujan ini sangat tergantung sekali akan cuaca dan kondisi saat sekarang.

Semenjak awal musim kemarau padi mulai berbunga, tak ayal tanahpun menjadi kering. Padahal pohon padi sedang membutuhkan asupan gizi untuk kelangsungan bunga bakal padi. Akibatnya batang padi kering sang bungapun menjadi layu yang akhirnya tidak berisi.

Kenyataan seperti ini ternyata sudah terbiasa dialami oleh petani sekitar.

"Urang mah ngan bisa saukur usaha bae, anu nangtukeun mah Gusti Allah (Kita mah cuma bisa usaha aja, yang menentukan Allah)" Tandas Mang Kalman salah seorang petani Desa Cireundeu.

Walaupun sering dilanda gagal panen, Mang Kalman tidak pernah lelah untuk menggarap sawahnya.

Dengan khas Sunda Banten ia mengakhiri obrolannya "Sugan panen hareup mah leuwih hade jang (berharap panen berikutnya mungkin akan lebih baik)"

--
8ahRI

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts